Cara Berdoa Saat Haid agar Tetap Bisa Beribadah pada Allah Swt

Nabila Sahma | Insertlive
Jumat, 25 Nov 2022 17:30 WIB
Young muslim woman in beige hijab and traditional clothes praying for Allah at home Cara Berdoa Saat Haid agar Tetap Bisa Beribadah dengan Allah Swt/Foto: iStock
Jakarta, Insertlive -

Islam mengajarkan tata cara berdoa saat haid karena Allah Swt. memberikan kemudahan kepada para umat-Nya yang mau beribadah. Dengan mengetahui tata cara berdoa saat haid, wanita juga dapat memohon ampun atas segala dosa dan memohon perlindungan dari-Nya pada masa haid.

Cara berdoa saat haid ini diharapkan dapat membuat para wanita yang sedang haid tetap bisa menyampaikan doanya kepada Allah Swt.. Oleh karena itu, setiap wanita diharapkan tahu tentang cara berdoa saat haid untuk memohon berbagai perlindungan dari Allah Swt..

Meskipun tidak dapat menjalankan ibadah sholat lima waktu, perempuan yang sedang haid tetap dapat berdoa. Berikut InsertLive rangkum penjelasan seputar cara berdoa saat haid.


Hukum Berdoa dalam Keadaan Haid

Sebelum mengetahui cara berdoa saat haid, kita perlu mengetahui bagaimana hukum berdoa dalam keadaan haid. Apakah diperbolehkan?

Hukum berdoa dalam keadaan haid diperbolehkan, karena Allah memberikan kemudahan bagi umatnya yang ingin melakukan amal sholeh. Hanya ibadah sholat lima waktu yang tidak diperbolehkan oleh Allah Swt..

Berdoa termasuk ke dalam salah satu amalan yang diperbolehkan untuk dilakukan oleh wanita yang sedang haid di antara amalan lainnya. Jenis amalan lainnya yang diperbolehkan untuk dilakukan adalah bersedekah, berzikir, berbuat baik, dan beristigfar.

Cara Berdoa Saat Haid

Nah, kali ini kita akan bahas bagaimana cara berdoa saat haid. Tata cara berdoa saat haid ini dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun oleh wanita yang sedang dalam kondisi haid.

Tata cara berdoa saat haid ini juga dapat membantu para wanita yang ingin meminta pertolongan Allah Swt. agar senantiasa selalu dalam lindungannya. Tak hanya itu, cara berdoa saat haid ini juga bisa menolong wanita yang ingin memohon ampun di hadapan-Nya.

Mengutip dari Kumparan, tata cara berdoa saat haid dapat diamalkan menurut Abu Ayyub El-Faruqi dalam bukunya Doa Dzikir Muslimah dan menurut Ridhoul Wahidi dan Gianti dalam buku Wirid-Wirid Wanita dengan melafalkan bacaan doa berikut.

Doa Hari Pertama Haid

Tata cara berdoa di hari pertama ini dilakukan untuk memohon ampun kepada Allah. Berikut bacaan doanya.

الْحَمْدُللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ

Alhamdulillah 'ala kulli khalin wa astaghfirullah min kulli dzanbin.

Artinya: "Segala puji bagi Allah atas segala perkara dan aku memohon ampunan kepada-Mu Ya Allah dari semua dosaku."

ilustrasi doa muslim meninggal duniailustrasi doa muslim meninggal dunia/ Foto: Getty Images/Enes Evren

Doa Selama Haid

Cara berdoa saat haid yang kedua ini dilakukan selama dalam masa haid dengan melafalkan bacaan doa berikut:

قَدَّرَ اللَّهُ وَمَا شَاءَ فَعَلَ

Qaddarallahu wa maa syaa-a fa'ala.

Artinya: "Allah telah menakdirkan segala sesuatu dan Dia berbuat menurut apa yang Dia kehendaki."

Doa agar Selalu Dirahmati Allah

Selain untuk memohon ampun atas segala dosa dan khilaf, cara berdoa saat haid juga dapat dilakukan dengan bacaan berikut agar mendapatkan rahmat dari Allah Swt.

إِنَّهُۥ كَانَ فَرِيقٌ مِّنْ عِبَادِى يَقُولُونَ رَبَّنَآ ءَامَنَّا فَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Innahụ kāna farīqum min 'ibādī yaqụlụna rabbanā āmannā fagfir lanā war-ḥamnā wa anta khairur-rāḥimīn.

Artinya: "Sesungguhnya, ada segolongan dari hamba-hamba-Ku berdoa (di dunia): "Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik."

Doa agar Diringankan Cobaan Hidup

Cara berdoa saat haid selanjutnya juga dapat dilakukan oleh para wanita. Untuk mendapatkan keringanan atas cobaan hidup, kita dapat melakukan wanita dapat melakukan cara berdoa saat haid dengan bacaan berikut:

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Lā yukallifullāhu nafsan illā wus'ahā, lahā mā kasabat wa 'alaihā maktasabat, rabbanā lā tu`ākhiżnā in nasīnā au akhṭa`nā, rabbanā wa lā taḥmil 'alainā iṣrang kamā ḥamaltahụ 'alallażīna ming qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih, wa'fu 'annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā 'alal-qaumil-kāfirīn.

Artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Dengan melakukan tata cara berdoa saat haid sesuai anjuran tersebut, kita bisa mendapatkan perlindungan dan niscaya akan diberikan ampunan atas segala dosa.

Ibadah yang Bisa Dilakukan saat Haid

Setelah melakukan tata cara berdoa saat haid dengan beberapa bacaan doa yang lengkap di atas, wanita juga dapat mengamalkan beberapa ibadah lain untuk menambah amal saleh di hadapan-Nya.

Berikut adalah beberapa ibadah yang bisa dilakukan wanita saat sedang haid:

1. Bersedekah

Ibadah pertama yang boleh dilakukan saat haid adalah bersedekah. Hal ini tertuang dalam firman Allah di Surat Al-Baqarah ayat 195 yang berbunyi:

وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: "Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (QS Al-Baqarah:195)

2. Berzikir

Ibadah selanjutnya yang boleh dilakukan wanita saat sedang dalam periode haid adalah melakukan zikir. Dengan memperbanyak zikir, wanita yang sedang haid dapat memperoleh rezeki, ampunan, rahmat, dan kemudahan dalam dikabulkannya doa oleh Allah.

3. Berbuat baik

Salah satu perbuatan baik yang dapat dilakukan wanita saat sedang haid adalah menjalin silaturahmi dengan tetangga, kerabat, dan orang sekitar. Anjuran untuk menyambung tali silaturahmi tertuang dalam hadis Bukhari dan Muslim yang berbunyi:

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi." (HR. Bukhari dan Muslim)

Melayani kebutuhan keluarga dan suami juga termasuk ke dalam perbuatan baik yang bisa dilakukan wanita yang sedang haid, lo. Kegiatan ini termasuk menyediakan makanan untuk suami, ibu, ayah, dan anak, lalu menyiapkan kebutuhan sekolah anak-anak, dan sebagainya.

4. Beristigfar

Untuk wanita yang sedang haid, kamu bisa amalkan bacaan berikut untuk beristigfar memohon ampun dan perlindungan kepada Allah Swt..

  • Astaghfirullah

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah."

  • Subhanallahi wabihamdih, astaghfirullah wa atuubu ilaih.

Artinya: "Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya."

  • Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertobat kepada-Nya".

sedekahsedekah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Heru Anggara

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang tata cara berdoa saat haid menurut Islam. Semoga informasi seputar cara berdoa saat haid ini dapat membuat kita para wanita yang sedang haid mendapatkan rida, perlindungan, dan ampunan darinya. Semoga tulisan yang memuat penjelasan tata cara berdoa saat haid ini bermanfaat, ya!

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER