Doa Saat Terjadi Gempa Bumi & Amalan agar Terhindar dari Bencana Alam

NABILA SAHMA | Insertlive
Selasa, 22 Nov 2022 14:00 WIB
Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur dengan kekuatan 5,6 magnitudo menghancurkan bangunan di daerah Kadidampit, Cilaku. Foto: Siti Fatimah
Jakarta, Insertlive -

Kitab suci Al-Qur'an dan hadis telah mengajarkan beberapa doa yang dapat kita amalkan sebagai perlindungan di dunia, salah satunya adalah doa gempa bumi.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengunggah pesan berduka dan doa gempa bumi yang niscaya akan membantu para umat muslim agar terhindar dari bahaya gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada Senin (22/11).

Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 SR dan kedalaman 10 Km tersebut telah menyebabkan kerusakan dan menimbulkan banyak korban jiwa.


Bahkan, guncangan yang terjadi akibat gempa yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat, ini terasa hingga ke wilayah Ibu Kota Jakarta.

Oleh karena itu, yuk sama-sama kita amalkan doa gempa bumi dan melakukan beberapa amalan saleh untuk memohon perlindungan Allah SWT agar terlindungi dari bencana serta marabahaya. 

Doa Gempa Bumi

Doa gempa bumi dan bencana alam lainnya telah termuat dalam kitab suci Al-Qur'an. Beberapa hadis juga mengajarkan doa gempa bumi yang dapat memberikan pertolongan saat musibah terjadi.

Doa gempa bumi ini telah Allah sampaikan dalam sebuah surah Al-Qur'an, Nabi Musa melafalkan doa gempa bumi ini saat sedang ditimpa musibah gempa bumi.

Surah Al-A'raf ayat 155-156:

رَبِّ لَوْ شِئْتَ اَهْلَكْتَهُمْ مِّنْ قَبْلُ وَاِيَّايَۗ اَتُهْلِكُنَا بِمَا فَعَلَ السُّفَهَاۤءُ مِنَّاۚ اِنْ هِيَ اِلَّا فِتْنَتُكَۗ تُضِلُّ بِهَا مَنْ تَشَاۤءُ وَتَهْدِيْ مَنْ تَشَاۤءُۗ اَنْتَ وَلِيُّنَا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الْغٰفِرِيْنَ. وَاكْتُبْ لَنَا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ اِنَّا هُدْنَآ اِلَيْكَۗ

Rabbi lau syi'ta ahlaktahum min qablu wa iyyaya, atuhlikunaa bimaa fa'alas-sufahaau minnaa, in hiya illa fitnatuka tudhillu bihaa man tasyaau wa tahdhi man tasyaa, anta waliyyuna faghfir lanaa warhamnaa, wa anta khairul-ghaafirin, waktub lanaa fiii haadzihid-dunya hasanatan wa fiil-akhirat inna hudna ilaika

Artinya: "Ya Tuhanku, jika Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari-Mu. Engkau menyesatkan siapa yang Engkau kehendaki dengan cobaan itu dan Engkau memberi petunjuk siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah Pelindung kami. Maka, ampunilah kami dan berilah kami rahmat. Engkaulah sebaik-baik pemberi ampun. Tetapkanlah untuk kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat. Sesungguhnya kami kembali (bertobat) kepada Engkau." (QS Al-Araf [7]: 155-156)

Selain doa gempa bumi tersebut, ada beberapa bacaan doa lain yang dapat kita amalkan saat berhadapan dengan bencana alam. 

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ، اللَّهُمَّ اؤْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا

Inaa lillahi wainnaa ilaihi raaji'uun. Allahumma`jurnii fii mushiibati wa akhlif lii khairan minhaa

Artinya: "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Ya Allah, berilah kami pahala karena musibah ini dan tukarlah bagiku dengan yang lebih baik daripadanya".

Lalu Rasulullah SAW bersabda yang disampaikan dalam sebuah hadis riwayat Muslim sebagai berikut:

ما مِن مُسْلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ، فيَقولُ ما أمَرَهُ اللَّهُ: {إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ} [البقرة: ، اللَّهُمَّ أْجُرْنِي في مُصِيبَتِي، وأَخْلِفْ لي خَيْرًا مِنْها، إلَّا أخْلَفَ اللَّهُ له خَيْرًا مِنْها

Artinya: "Tidaklah seorang mukmin tertimpa musibah lalu dia membaca apa yang telah diperintahkan oleh Allah, (yaitu membaca doa Inaa lillahi wainnaa ilaihi raaji'uun. Allahumma`jurnii fii mushiibati wa akhlif lii khairan minhaa), melainkan Allah menukar baginya dengan yang lebih baik." (HR Muslim).

Selain kedua doa-doa gempa bumi tersebut, MUI juga menyampaikan sebuah doa lain yang diajarkan Rasulullah SAW pada Sayyidina Ali agar beliau diberikan kemudahan dalam menghadapi kesulitan dan Allah menghilangkan bencana alam tersebut.

Doa yang dapat menolong kita saat tertimpa musibah gempa bumi ini disampaikan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Adzkar.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ باللَّهِ العَلِيّ العَظِيمِ.

Bismillahirrahmanirrahim wala haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tiada daya dan kekuatan (bagi kami) melainkan hanya dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung." (Abu Zakariya an-Nawawi, al-Adzkar, Daarul Fikr, hal 123)

Amalan yang Harus Dilakukan saat Terjadi Gempa Bumi dalam Islam

Beberapa doa gempa bumi terurai di atas mudah-mudahan dapat membuat kita terhindar dari bahaya gempa bumi. Doa-doa gempa bumi tersebut niscaya dapat memberikan kita ketenangan dan pertolongan keselamatan saat menghadapi bencana.

Selain dengan melafalkan doa gempa bumi, kita juga dapat mengamalkan beberapa amalan lain agar niscaya Allah SWT memberikan sebaik-baik perlindungan-NYA. 

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa amalan yang dapat kamu lakukan:

Perbanyak Zikir

Amalan ini termuat dalam surah Ash-Shoffat ayat 143-144 yang berbunyi:

فَلَوْلَآ أَنَّهُۥ كَانَ مِنَ ٱلْمُسَبِّحِينَ ، لَلَبِثَ فِى بَطْنِهِۦٓ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

"Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit" (QS. ash-Shoffat [37]: 143-144).

Membantu Korban Bencana

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

"Barang siapa yang membantu menghilangkan kesusahan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan menghilangkan kesusahan darinya besok di hari kiamat" (HR. Muslim).

Menegakkan Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Amar Ma'ruf Nahi Munkar adalah istilah fiqh, yaitu memiliki arti mengajak atau menganjurkan kebaikan dan menghindari perbuatan buruk. Nah, agar terhindar dari gempa, jauhkanlah perbuatan buruk yang dapat menimbulkan dosa, misalnya berzinah, melakukan ghibah, dan mencela. Perbanyaklah amal saleh dengan berdakwah, mengaji, dan hidup rukun.

4 Hal yang Perlu Dihindari saat Terjadi Gempa Bumi

Menggunakan lift, menggunakan lift saat gempa bumi sangat berbahaya karena lift berisiko jatuh.

Berlari menuruni tangga, jangan turuni tangga dengan berlari karena akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Berdiri dekat jendela, jendela kaca beresiko mengalami kerusakan hingga pecah saat gempa bumi. Berdiri dekat pintu, pintu juga akan beresiko rubuh dan mengenai orang lain saat gempa.

Berlindung di ruang yang kecil, hal ini bisa membuat kamu kesulitan untuk di evakuasi dan jauh dari jangkauan petugas keselamatan yang akan menolongmu.

Berikut informasi lengkap terkait doa gempa bumi dan amalan-amalan yang dapat kita lakukan untuk memberikan keselamatan dan pertolongan. Dengan doa-doa gempa bumi tersebut, semoga kita senantiasa terhindar dari berbagai jenis bencana dan senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Aamiin ya rabbal alaamiin

(NABILA SAHMA)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER