Dibuka Mulai Besok, TMII Hadirkan 70 Persen Ruang Hijau Usai Revitalisasi

Insertlive | Insertlive
Sabtu, 19 Nov 2022 13:00 WIB
TMII
Jakarta, Insertlive -

Taman Mini Indonesia Indah (TMMI) telah melalui proses revitalisasi oleh pemerintah di bawah Kementerian PUPR.

Dengan harga tiket tetap Rp25 ribu, masyarakat dapat melihat wajah baru TMII yang memiliki sejumlah fasilitas modern dan ramah lingkungan mulai besok, Minggu (20/11).

Setelah revitalisasi, TMII kini memiliki 70 persen area hijau dan 30 persen untuk bangunan dan wahana.


"Taman Mini Indonesia Indah telah dilakukan revitalisasi oleh Kementerian PUPR, antara lain pintu masuk pengunjung yang tadinya ada di pintu 1, balik ke pintu 3," kata Emilia Eny Utami, Direktur Utama TMII pada Jumat (18/11).

Maka dari itu, TMII tidak lagi mengizinkan pengunjung membawa kendaraan pribadi, khususnya kendaraan yang mengandung emisi karbon masuk ke dalam kawasan.

Sebagai pilihan lain, pengunjung dapat membawa kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda atau menyewa sepeda listrik yang tersedia di dalam kawasan TMII.

"Kemudian ada elevated parking khusus untuk pengunjung yang masuk ke dalam kawasan (TMII), sehingga pengunjung tidak boleh lagi membawa masuk kendaraan pribadi. Ini masuk dalam salah satu 4 pilar kita, yaitu green," jelasnya.

"Dalam kawasan ini nanti hanya boleh bawa kendaraan yang tidak menggunakan emisi karbon, bisa sepeda listrik, sepeda biasa, atau electric vehicle yang akan kami sediakan untuk pengunjung," sambungnya.

TMIILajur sepeda di TMII/ Foto: Rengga Sancaya/detikcom

Tujuan dari membuat 70 persen area hijau adalah agar pengunjung bisa menikmati TMII yang lebih segar dan nyaman.

"Kami mengusahakan kawasan ini menjadi 70 persen green zone, sisanya untuk wahana, sehingga kami mengutamakan masyarakat untuk menikmati kawasan ini dengan suasananya yang lebih segar, bebas dari emisi karbon, asupan oksigen yang bagus, dan juga bisa memberikan kenyamanan bagi para pengunjung," pungkasnya.

Sementara itu, pengunjung sudah bisa membeli tiket masuk TMII melalui situs www.tamanmini.com sejak Rabu (16/11) dengan kuota pengunjung terbatas.

(KHS/KHS)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER