Asal-usul Tarot yang Dipercaya sebagai Ramalan Sakti

Nabila Sahma | Insertlive
Jumat, 18 Nov 2022 12:00 WIB
Pembacaan Kartu Tarot Dyna.
Jakarta, Insertlive -

Tarot adalah sebuah permainan menggunakan kartu yang digunakan untuk memprediksikan keberuntungan seseorang. Permainan kartu tarot ini sangat populer di kalangan masyarakat dari berbagai jenjang. Banyak remaja hingga orang tua yang percaya bahwa kartu tarot dapat meramalkan kehidupan mereka di masa depan.

Sebenarnya bagaimana sih asal-usul kartu tarot ini hingga dipercaya banyak orang? Simak info selengkapnya di penjelasan berikut ini, ya!

Apakah Tarot Meramal?

Permainan kartu tarot dipercaya dapat meramal kehidupan seseorang, tapi ternyata Jessica Dore yang sudah sangat familier dengan kartu tarot memiliki pernyataan yang berbeda.


Mengutip salah satu artikel dari The Guardian, Dore menjelaskan bahwa kartu tarot bukan hanya untuk mengetahui kehidupan seseorang, melainkan juga berfungsi untuk membuat seseorang mengintrospeksi dan memotivasi dirinya.

Misalnya, ketika kartu tarot yang dipilih seseorang yang akan menikah menunjukkan bahwa pernikahan mereka tidak akan berjalan lancar nantinya karena masalah finansial, sehingga seseorang tersebut diharapkan dapat melakukan introspeksi dirinya. Ia akan berpikir ada apa dengan masalah finansialnya dan bagaimana ia dapat memperbaiki masalah finansialnya itu sebelum menikah.

Lalu, sebuah artikel yang ditulis oleh Jenni Miller, seorang penikmat budaya pop memiliki pernyataan yang sejalan dengan yang diungkap oleh Dore. Ia menyebutkan bahwa, "Kartu tarot tidak dapat memprediksi masa depan, tetapi kartu tarot dapat membuat kita berpikir."

Ia juga menambahkan bahwa tarot memberitahu kita tentang kehidupan yang kita jalani dan bagaimana jalan terbaik yang dapat membantu kita untuk membuat hidup kita lebih baik.

Pernyataan bahwa tarot berhubungan dengan hal gaib dan dapat meramal masa depan kita adalah sebuah stereotipe yang masih ada hingga saat ini.

Pembacaan Kartu Tarot Mitha.Pembacaan Kartu Tarot Mitha./ Foto: Dok. @cahaya_reads

Asal Usul Tarot yang Dipercaya sebagai Ramalan Sakti

Kerap dipercaya sebagai ramalan sakti, bagaimana asal-usul tarot? Penjelasan kali ini berisikan bagaimana asal-usul sejarah diciptakannya kartu tarot.

Kartu tarot pertama kali diciptakan pada tahun 1430-an di Italia. Set kartu tarot tertua yang masih ada sampai saat ini dikenal dengan dek Visconti-Sforza.

Awalnya, asal-usul kartu tarot itu diciptakan sebagai alat untuk untuk memainkan sebuah permainan bernama 'Tarocchi' oleh keluarga seorang adipati di Milan. Tarocchi merupakan permainan bentuk jembatan yang kala itu populer di kalangan bangsawan dan pecinta rekreasi.

Permainan Tarocchi kemudian menyebar ke negara-negara Eropa lainnya termasuk negara Prancis Selatan, yang selanjutnya permainan ini berganti nama menjadi Tarot. Tarot masih dianggap sebagai sebuah permainan biasa tanpa unsur mistis apa pun sampai abad ke-18.

Hingga seorang penulis bernama Antoine Court de Gébelin menulis sebuah buku yang berisikan keterlibatan antara tarot dengan sebuah pengetahuan-pengetahuan Mesir Kuno dan mengatakan bahwa simbol dalam kartu tarot mengandung kebijaksanaan seorang dewa bernama Thoth.

Lalu di waktu yang berdekatan, seorang penulis lainnya bernama Jean-Baptiste Aliette menulis sebuah buku dengan nama samarannya Etteilla yang berisikan risalah mengenai penggunaan kartu tarot untuk meramal. Buku inilah yang menjadi asal-usul digunakannya tarot untuk meramal dan dikaitkan dengan hal gaib.

Siapa Penemu Tarot?

Setiap set dari kartu tarot dibuat oleh penemu yang berbeda, tapi set kartu tarot tertua dibuat oleh keluarga dari seorang adipati di Milan yang pada awalnya dibuat untuk sebuah permainan bernama Tarocchi.

Kemudian permainan tersebut mulai diinterpretasikan sebagai tarot yang dapat meramalkan kehidupan seseorang ketika terbitnya sebuah buku yang ditulis oleh Jean-Baptiste Aliette.

Set kartu tarot yang paling populer hingga saat ini adalah Tarot Rider-Waite-Smith yang diciptakan oleh A.E. Waite dan seorang ilustrator Pamela Colman Smith.

peramal kartu tarotperamal kartu tarot/ Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono

Ramalan Menurut Islam

Setelah mengetahui informasi selengkapnya mengenai tarot, saatnya kita mencari tahu bagaimana hukumnya percaya pada ramalan menurut Islam?

Islam tidak membenarkan perilaku percaya pada sebuah ramalan. Siapa saja yang percaya pada ramalan entah itu ramalan zodiak, ramalan keberuntungan, garis tangan, yang bersifat gaib, dan sebagainya, tidak akan termasuk ke dalam golongan Islam. Hal ini disebutkan oleh sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al Bazzar berikut:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَطَيَّرَ أَوْ تُطُيِّرَ لَهُ أَوْ تَكَهَّنَ أَوْ تُكُهِّنَ لَهُ أَوْ سَحَّرَ أَوْ سُحِّرَ لَهُ

Artinya: "Bukan termasuk golongan kami, siapa saja yang beranggapan sial atau membenarkan orang yang beranggapan sial dengan semacam burung, atau siapa saja yang mendatangi tukang ramal atau membenarkan ucapannya, atau siapa saja yang melakukan perbuatan sihir atau membenarkannya." (HR Al Bazzar)

Islam mengharamkan segala bentuk ramalan yang bersifat gaib, karena hal tersebut termasuk ke dalam perbuatan menyekutukan Allah Swt.. Segala sesuatu yang terjadi di langit dan bumi hanya terjadi atas kehendak Allah Sw.t. Pernyataan ini juga dijelaskan dalam Al-Qur'an surah An-Naml ayat 65 yang berbunyi:

قُلْ لَّا يَعْلَمُ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ الْغَيْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗوَمَا يَشْعُرُوْنَ اَيَّانَ يُبْعَثُوْنَ

Artinya: Katakanlah (Muhammad), "Tidak ada sesuatu pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah. Dan mereka tidak mengetahui kapan mereka akan dibangkitkan." (QS. An-Naml ayat 65).

Denny DarkoDenny Darko/ Foto: InsertLive

Peramal Paling Terkenal di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa peramal yang ahli dengan kartu tarot. Salah satu ahli ramal Indonesia yang paling terkenal dan sering muncul di layar kaca adalah Denny Darko.

Denny Darko dikenal sebagai ahli tarot dan memulai kariernya sebagai pesulap di dunia hiburan pada tahun 2009. Pria kelahiran 1977 ini telah berkarir di dunia hiburan selama 12 tahun. Peramal kondang ini ternyata adalah lulusan Institut Teknologi Bandung, lo.

Denny Darko juga memiliki kanal YouTube-nya sendiri yang sering kali menampilkan ramalan-ramalan menggunakan kartu tarot. Ia terkenal akan ramalannya yang kontroversial dan selalu bikin geger warganet. Ia kerap memberikan ramalan tentang apa yang akan terjadi pada para selebritas di masa depan.

Beberapa waktu lalu, ia meramal tentang karier dan nasib rumah tangga pasangan yang tengah naik daun, yaitu Lesti dan Rizky Billar. Banyak ramalannya yang mendapatkan sorotan publik dan mengundang antusiasme netizen tentang kebenaran ramalan tersebut.

Selain Denny Darko, ada sejumlah peramal Indonesia lainnya, seperti Ki Kusumo, Mbah Mijan, Roy Kiyoshi, dan masih banyak lagi.
Itu dia informasi lengkap mengenai permainan tarot yang masih populer hingga saat ini. Tulisan ini juga lengkap dengan hukum ramalan bagi umat Muslim.

Nah, kalau kamu bagaimana nih, apakah percaya dengan ramalan kartu tarot?

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER