15 Ciri-ciri Orang Cerdas, Tidak Hanya Ditentukan dari IQ

Nabila Sahma | Insertlive
Kamis, 10 Nov 2022 22:00 WIB
Ilustrasi orang pintar atau jenius
Jakarta, Insertlive -

Setiap orang pasti ingin terlihat cerdas dan berkualitas karena seseorang yang cerdas akan memperoleh kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan.

Orang cerdas tidak hanya ditentukan oleh IQ saja, mereka membuktikan kecerdasan mereka melalui pola pikir dan perilaku mereka.

Cara berpikir mereka yang berkualitas dan perilaku mereka yang patut dicontoh akan membuat kita tahu bahwa mereka adalah orang cerdas.


Berikut adalah cara berpikir orang cerdas yang bisa kita pelajari.

Cara Berpikir Orang Cerdas

Orang yang cerdas memiliki pola pikir yang berbeda dengan kebanyakan orang. Pola pikir itulah yang membuat mereka dapat melakukan sesuatunya dengan tepat sehingga mereka akan puas dengan hasil yang mereka dapatkan.

1. Orang cerdas selalu berpikir optimis tentang kemampuannya

Mereka tidak akan mengandalkan siapa pun untuk mengatasi masalahnya selama mereka masih bisa mengandalkan dirinya sendiri.

Sebenarnya memiliki kerabat dan keluarga yang bisa diandalkan adalah hal yang baik.

Namun, mereka yang cerdas tidak mau bersikap manja hingga membuat orang lain menilainya lemah. Mereka akan memanfaatkan bantuan orang lain sebaik mungkin, yaitu saat mereka benar-benar membutuhkannya.

2. Orang cerdas tidak berpikir bahwa minta maaf adalah sebuah kekalahan

Ketika sedang terlibat konflik, orang yang cerdas akan selalu mengevaluasi diri mereka.

Mereka berpikir bahwa konflik akan membuat mereka tumbuh dengan pengalaman baru mereka.

Mereka mampu untuk menyelesaikan konflik dengan meminta maaf, karena mereka berpikir bahwa tidak ada yang menang atau kalah dalam sebuah konflik.

3. Orang cerdas berpikir bahwa kegagalan akan membuat mereka tumbuh

Saat mengalami kegagalan akan sesuatu, orang yang cerdas akan terus bangkit.

Mereka kecewa, tapi tidak akan memikirkan kegagalan yang mereka alami hingga berlarut-larut.

Mereka akan jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan pembelajaran yang berharga.

4. Orang cerdas tidak menggantungkan kehidupannya pada keberuntungan

Mereka akan memanfaatkan kemampuannya semaksimal mungkin.

Mereka tidak akan berharap pada keberuntungan hidup yang tidak pasti. Hal ini membuat mereka tidak akan kecewa dengan hasil yang mereka dapatkan karena mereka sudah berusaha.

5. Orang cerdas berpikir bahwa waktu adalah segalanya

Orang yang cerdas mampu memanfaatkan waktunya dengan sangat baik.

Mereka tidak akan mengabaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mereka, tapi mereka bisa menyeimbangkan waktu yang mereka punya dengan hal yang membuat mereka senang.

15 Ciri-ciri Orang Cerdas

Selain cara berpikirnya, orang yang cerdas terlihat dari perilaku dan kebiasaan yang mereka lakukan dalam sehari-hari.

Berikut adalah 15 ciri-ciri orang cerdas:

1. Orang cerdas biasanya suka menyendiri

Mereka yang cerdas suka menyendiri, bukan karena pemalu dan tidak bisa bergaul. Mereka hanya membutuhkan ketenangan, karena mereka banyak berpikir. Dengan suasana yang tenang, mereka bisa leluasa berpikir mengenai hal-hal yang ada di dalam pikiran mereka.

Kesendirian mereka ini akan menghasilkan sesuatu yang positif dan kreatif untuk mereka kembangkan kembali. Otak mereka penuh dengan ide-ide yang inovatif.

2. Orang cerdas tidak akan kehabisan pilihan

Mereka selalu memiliki alternatif pilihan jika sesuatu yang sudah mereka pikirkan tidak berjalan sesuai rencana. Orang yang cerdas tidak akan kehabisan ide untuk terus mereka kembangkan dengan otak mereka yang cerdas.

3. Orang cerdas bisa memanfaatkan waktunya dengan baik

Mereka tidak akan membuang-buang waktunya dengan hal yang tidak bermanfaat. Alih-alih untuk scrolling medsos seharian, mereka akan memanfaatkan gawainya untuk sesuatu yang positif seperti berolahraga, membaca, atau bermain teka-teki. Tidak melulu dengan pekerjaan, mereka sangat membutuhkan "me time" di hari liburnya untuk menjernihkan pikirannya kembali.

4. Orang cerdas menyukai keseimbangan

Hidup orang cerdas tidak melulu tentang akademik dan bisnis, mereka akan menyeimbangkan waktunya dengan hal lain. Mereka akan me-refresh otaknya dengan kegiatan yang menyenangkan, seperti berkumpul dengan keluarga, bermain gim, musik, dan sebagainya yang menjadi hobi mereka.

Young asian woman studying in the room. Education concept. Science technology. Mathematics.Young asian woman studying in the room. Education concept. Science technology. Mathematics./ Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks

5. Orang cerdas bisa menghargai orang lain

Ketika mereka tergabung dalam sebuah kelompok yang memiliki nilai yang sama dengan mereka, mereka akan berusaha untuk mempertahankan orang-orang di dalam kelompok tersebut. Lalu ketika mereka memiliki pola pemikiran yang berbeda dengan kerabat, mereka tidak segan untuk membicarakan hal tersebut baik-baik.

6. Orang cerdas tidak mudah menyerah

Mereka percaya bahwa kegagalan adalah jalan menuju kesuksesan. Jadi, ketika dalam kondisi tidak ada harapan pun, mereka masih bisa bertahan karena mereka memiliki pola pikir bahwa kegagalan bukanlah akhir dari sebuah harapan.

7. Orang cerdas selalu fokus masa depan

Mereka tidak berlarut-larut dengan masa lalu dan hanya melihat ke depan. Lalu ketika ingin melakukan sesuatu, mereka akan berpikir apa yang akan terjadi. Hal tersebut menunjukkan, meski tidak pantang menyerah, orang yang cerdas akan berhati-hati sebelum bertindak.

8. Orang cerdas selalu menghindari perselisihan

Mereka akan berusaha sebisa mungkin untuk membuat segala tindakannya tidak menyakiti orang lain. Mereka tidak mau menciptakan sebuah kesalahpahaman yang berujung pada perselisihan. Orang cerdas tidak mau terlibat perselisihan apa pun yang bisa mengganggu pikiran mereka.

9. Orang cerdas suka belajar hal baru

Mereka tidak menutup dirinya dengan hal-hal yang baru mereka temui. Mereka akan antusias saat dihadapkan dengan segala sesuatu yang positif, tapi baru bagi mereka. Semangat belajarnya tinggi sehingga mampu untuk mempelajari hal baru dengan baik.

10. Orang cerdas otaknya lebih banyak bekerja daripada mulutnya

"Diam adalah emas", istilah ini sangat melekat pada orang cerdas. Mereka tahu kapan waktu yang tepat untuk bicara memberikan penjelasan. Mereka memanfaatkan waktu dan tempat dengan bijak. Orang cerdas akan mendengarkan isi pikirannya terlebih dahulu sebelum berbicara.

11. Orang cerdas tidak mengharap belas kasihan

Mereka berpikir bahwa belas kasihan akan membuat mereka terus-terusan memanfaatkan orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, mereka lebih memilih untuk bersikap kuat untuk menghadapi rintangan yang sedang dihadapi daripada mengharap belas kasihan orang lain.

12. Orang cerdas berani mengakui kesalahannya

Mereka adalah orang baik yang mau menerima masukan dari orang lain agar menjadi orang yang lebih baik. Mereka juga akan bertanggung jawab terhadap tindakan yang telah mereka ambil. Itulah yang menyebabkan mereka berhati-hati dalam mengambil tindakan, mereka berusaha sekeras mungkin untuk menghindari situasi yang membuat mereka merasa bersalah di kemudian hari.

13. Orang cerdas mampu mengikuti intuisinya

Ketika dihadapkan dengan pilihan yang berat, orang cerdas akan mengikuti intuisinya. Mereka percaya bahwa apa yang menjadi intuisinya adalah sebuah petunjuk mengenai apa yang akan terjadi.

14. Orang cerdas memiliki ambisi

Mereka selalu ingin mengimprovisasi diri mereka dari hari ke hari. Orang cerdas selalu berusaha untuk memecahkan rekor dalam kehidupannya. Mereka akan selalu mencoba lebih baik di hari ini daripada di hari kemarin.

15. Orang cerdas cinta kedamaian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, orang cerdas sangat menghindari perselisihan. Hal ini dikarenakan mereka sangat mencintai kedamaian. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan pikiran yang tenang dan membangun hubungan dengan orang lain yang penuh kedamaian.

5 Kalimat yang Bikin Terlihat Kurang Cerdas di Depan Umum

Ada lima kalimat yang wajib kamu hindari agar tidak bikin kamu terlihat kurang cerdas. Berikut di antaranya:

1. "Mau berusaha seperti apa pun, tidak ada di dunia ini yang bisa sempurna."

Ketika mendapatkan hasil yang kurang maksimal, orang cerdas tidak akan mengucapkan kalimat di atas.

Orang cerdas akan menghargai usahanya sendiri dan yakin dengan hasil yang telah diperoleh. Jika dirasa hasil yang diperoleh kurang, orang cerdas akan melakukan evaluasi kembali untuk dijadikan masukan di masa depan.

2. "Akan aku coba lakukan!"

Orang cerdas juga tidak akan mengucapkan kalimat tersebut. Mengucapkan kalimat di atas akan membuat orang lain berpikir bahwa kamu tidak mau melakukan yang terbaik karena kamu hanya "mencoba".

Daripada ucapkan hal ini, lebih baik kamu ucapkan, "Akan aku lakukan yang terbaik!"

3. "Kamu terlihat kurus/gemuk/jelek!" (mencoba mendefinisikan bentuk fisik orang lain)

Orang cerdas akan selalu menjaga lisannya, mereka tidak mau menyakiti orang lain dengan perkataannya. Daripada mengatakan seseorang terlihat kurus lebih baik berkata, "Sepertinya kamu kehilangan berat badan?" atau "Kamu terlihat kelelahan."

4. "Aku nggak diminta untuk melakukan hal itu."

Orang cerdas tidak akan menunggu untuk diminta ketika harus melakukan sesuatu. Apalagi jika hal tersebut sudah menjadi tanggung jawabnya. Orang cerdas akan bersikap profesional dan memiliki inisiatif yang tinggi.

5. "Ini bukan salahku."

Kalimat di atas tidak akan diucapkan oleh orang yang cerdas. Orang cerdas juga tidak akan menyalahkan orang lain. Jika memang bukan kesalahan mereka, mereka akan menjelaskan apa yang terjadi secara detail tanpa menyudutkan siapa pun.

Ciri-ciri Orang yang Memiliki IQ Tinggi

Berikut adalah ciri-ciri orang yang memiliki IQ tinggi menurut World Economic Forum:

  • Orang ber-IQ tinggi bisa beradaptasi dengan baik
  • Orang ber-IQ tinggi memiliki rasa penasaran yang tinggi
  • Orang ber-IQ tinggi selalu memiliki pertanyaan yang bagus
  • Orang ber-IQ tinggi berpikiran terbuka
  • Orang ber-IQ tinggi terkadang memiliki sikap skeptis
  • Orang ber-IQ tinggi dapat memahami apa yang orang lain sedang rasakan
  • Orang ber-IQ tinggi mau belajar tentang apa yang mereka belum kuasai

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri orang cerdas dan ber-IQ tinggi. Apakah kamu punya salah satunya?

(dis/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER