Panduan Nonton Langsung Piala Dunia 2022 di Qatar

INSERTLIVE | Insertlive
Senin, 07 Nov 2022 15:15 WIB
TOPSHOT - Qataris gather at the capital Doha's traditional Souq Waqif market as the official logo of the FIFA World Cup Qatar 2022 is projected on the front of a building on September 3, 2019. (Photo by - / AFP)        (Photo credit should read -/AFP via Getty Images)
Jakarta, Insertlive -

FIFA World Cup 2022 atau Piala Dunia 2022 akan dihelat di Qatar pada 20 November 2022. Sebanyak 1,2 juta orang dari penjuru dunia diperkirakan akan membanjiri salah satu negara di Timur Tengah tersebut.

Jika berniat untuk datang langsung menyaksikan Piala Dunia 2022, calon penonton perlu tahu panduan selama di Qatar sampai Piala Dunia selesai.

Berkat penerbangan jarak jauh Qatar Airways, Qatar telah menjadi pusat perhatian perjalanan udara di dunia. Makapai ini menawarkan pilihan penerbangan, hotel, dan tiket yang dapat disesuaikan.


Pembukaan Piala Dunia 2022 dilangsungkan pada 20 November mendatang di ibu kota Qatar, Doha. Apabila ingin tiba di sana untuk menyaksikan upacara pembukaan, tentu penonton setidaknya harus membeli tiket untuk penerbangan tanggal 19 November 2022.

Melansir CNN Indonesia, untuk penerbangan Qatar Airways Bandara Soekarno-Hatta menuju Doha pada 19 November 2022 ada dua jadwal.

Jadwal penerbangan Qatar Airways pada 19 November 2022 yang pertama pukul 08.45 WIB dengan harga tiket pesawat Rp24,3 juta, lalu penerbangan Qatar Airways kedua di hari yang sama adalah pukul 18.20 WIB dengan harga tiket Rp27,2 juta.

Penerbangan Jakarta-Qatar bersama Qatar Airways memakan waktu 8 jam 50 menit. Sebenarnya ada beberapa maskapai lain yang menawarkan rute Jakarta-Doha, tapi hanya Qatar Airways yang penerbangannya nonstop alias tanpa transit.

Ketika tiba di Bandara Internasional Hamad Doha, Qatar, penumpang akan melewati pemeriksaan imigrasi dan bea cukai sebelum berangkat ke kota. Namun, harap dicatat, untuk menonton Piala Dunia 2022, kamu harus memenuhi persyaratan.

Wajib Punya Kartu Hayya

Perlu diperhatikan bahwa selama turnamen, Qatar tidak akan mengeluarkan visa normal dan mereka yang datang untuk pertandingan harus memiliki Kartu Hayya yang dikeluarkan Qatar.

Kartu Hayya memverifikasi bahwa penonton Piala Dunia 2022 memiliki tempat tinggal selama berada di Qatar. Jika penonton berpikir untuk mengemudi, perlu diingat bahwa Qatar hanya punya satu perbatasan darat, yakni dengan Arab Saudi.

Soal aturan protokol kesehatan di Qatar terkait COVID-19, Qatar telah memiliki regulasi ketat terkait perjalanan, tetapi aturan itu dilonggarkan sejak 1 November 2022. Qatar meniadakan persyaratan tes PCR sebelum kamu terbang ke negara itu. Kamu juga tidak perlu lagi mengunduh aplikasi pelacakan kontak Qatar, Ehteraz.

Saat kamu sudah melewati imigrasi dan keluar dari bandara, ada beberapa pilihan transportasi untuk mengelilingi Qatar. Ada taksi Mowasalat yang siap mengangkut penumpang di tepi jalan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Uber di Qatar.

Mowasalat juga menjalankan layanan bus di bandara. Doha juga memiliki layanan metro yang baru dibangun, yang akan membawa kamu dari bandara ke sebagian besar wilayah di ibu kota. Metro juga terhubung ke trem yang sekarang beroperasi di Kota Lusail.

Kamu juga dapat menyewa mobil di bandara, meskipun para pejabat Qatar mendesak pengunjung yang datang untuk Piala Dunia menggunakan angkutan massal. Pada hari pertandingan, angkutan umum akan gratis bagi mereka yang memegang tiket.

Perlu diingat bahwa mata uang riyal Qatar lebih tinggi dari rupiah. Jika dikonversi, 1 riyal Qatar setara dengan Rp4.297 (harga 7 November 2022). Untuk penginapan atau hotel di Qatar, harga per malamnya melonjak selama penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Sebagian penginapan saat ini juga sudah terisi selama turnamen berlangsung. Berdasarkan pantauan di Online Travel Agent, biaya menginap per malam di hotel sekelas bintang 3 mulai dari Rp5,4 juta.

(yoa/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER