Tak Sangka, Ternyata Raja Charles III Pernah Belajar Al-Quran & Islam

INSERTLIVE | Insertlive
Rabu, 14 Sep 2022 07:30 WIB
Britain's King Charles III delivers his address to the nation and the Commonwealth from Buckingham Palace, London, Friday, Sept. 9, 2022, following the death of Queen Elizabeth II on Thursday. (Yui Mok/Pool Photo via AP)
Jakarta, Insertlive -

Raja Charles III terus mencuri atensi publik setelah naik takhta menggantikan ibunya Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada Kamis (8/9) kemarin.

Sejak menjadi pemimpin Kerajaan Inggris, Raja Charles III menjadi perbincangan publik karena skandal perselingkuhannya dengan Camilla Parker yang kini menjadi istrinya.

Kendati demikian, tak banyak yang tahu bahwa Raja Charles III memiliki kekaguman pada bidang agama, terutama pandangannya terhadap dunia agama Islam.


Raja Charles III diketahui berulang kali mendorong agar negara Barat bisa mengenal dunia Islam secara dekat.

Jauh sebelum menjadi pemimpin Kerajaan Inggris, Charles pernah menghabiskan waktu selama enam bulan demi belajar privat Bahasa Arab ketika akan mengunjungi Yordania, Kuwait, Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Alasan Charles kala itu sederhana, ia ingin berbicara bahasa lokal dengan mengunjungi negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam tersebut.

Melansir dari CNNIndonesia, Charles juga disebut ingin bisa membaca serta memahami Al-Quran.

Hal itu selaras dengan pengakuan dari sumber terdekat Charles bahwa beberapa pidatonya mengutip beberapa ayat Al-Quran dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

Prince CharlesPrince Charles/ Foto: Twitter/PrinceCharles_

Selain itu, Charles juga pernah mengkritik publikasi karikatur yang mengejek Nabi Muhammad di Denmark pada 2006 silam.

"Masyarakat beradab adalah mereka yang menghargai minoritas mereka dan orang asing," kata Charles.

Sebagai bentuk dukungannya terhadap warga Muslim, Charles bahkan mengucapkan selamat menjalankan ibadah Ramadhan bagi seluruh rakyat Inggris yang menjalaninya.

"Saat muslim di Inggris memulai periode puasa di Ramadhan, saya dan istri ingin menyampaikan harapan baik kepada semua yang menjalankan ibadah di bulan ini," pungkas suami Camilla Parker itu.

(dis/dis)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER