Kamu Harus Tahu! Ini Daftar Fasilitas Hotel yang Boleh Dibawa Pulang

Nabila Sahma | Insertlive
Senin, 15 Aug 2022 17:25 WIB
Ilustrasi hotel
Jakarta, Insertlive -

Munculnya hotel-hotel baru tentu saja meningkatkan persaingan di industri perhotelan saat ini. Para pelaku usaha ini pun berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk menarik pengunjung.

Salah satu yang cara yang membuat pengunjung tertarik menginap adalah fasilitas hotel yang lengkap. Semakin bagus fasilitas hotelnya, maka semakin banyak pengunjung yang betah untuk menginap.

Berikut adalah fasilitas hotel yang bisa kamu nikmati:


Fasilitas yang Ada di Kamar Hotel dan Fungsinya

Setiap hotel memiliki fasilitas hotel yang berbeda-beda. Semakin tinggi bintang hotel, maka semakin baik kualitas fasilitas hotelnya.

Hotel bintang lima dengan fasilitas hotel berstandar tinggi merupakan hotel yang paling dicari oleh turis luar negeri. Berikut adalah beberapa fasilitas hotel pada umumnya dan fungsinya:

1. Penyediaan kursi roda. Kursi roda ini penting untuk disiapkan sebagai fasilitas hotel, karena akan bermanfaat bagi tamu hotel penyandang disabilitas.

2. Fasilitas pembuat kopi dan teh di kamar. Biasanya di dalam kamar tersedia mesin pembuat kopi lengkap dengan kopi dan gula. Selain kopi, teh juga disediakan di dalam kamar lengkap dengan pemanas air. Kopi dan teh disediakan di dalam kamar sebagai fasilitas hotel yang harus ada agar tamu dapat menikmati sesuai dengan keinginan mereka.

3. Air minum. Air mineral jadi salah satu fasilitas hotel yang telah disediakan secara cuma-cuma untuk pelanggan. Hotel juga akan menyediakan air minum sesuai permintaan tamu yang dapat dipesan melalui telepon maupun aplikasi yang disediakan oleh hotel.

4. Telepon. Telepon disediakan hotel untuk menerima pesanan berupa berbagai layanan seperti pemesanan makanan dan minuman, penatu, atau ketika tamu membutuhkan pelayanan lain seperti membersihkan sesuatu dan lainnya.

5. Koran. Disediakan sebagai hiburan untuk mengisi waktu luang tamu yang ingin menambah wawasan atau sekadar mengisi waktu luang.

6. Perlengkapan mandi. Hal ini merupakan fasilitas hotel yang paling penting. Setiap hotel berbintang pasti akan menyediakan perlengkapan mandi dengan lengkap dari mulai handuk, sabun, sampo, dan pasta gigi.

7. Kotak P3K. Kotak P3K ini juga akan tersedia di kamar hotel yang selalu ada di pojok kamar yang disediakan untuk tamu apabila mengalami keadaan darurat seperti luka ringan.

8. Koneksi Internet. Wi-Fi atau jaringan nirkabel lainnya merupakan fasilitas hotel yang paling penting bagi setiap hotel. Koneksi internet ini akan berguna sebagai hiburan dan akan berguna bagi tamu hotel yang ingin bekerja secara daring.

Deretan kamar hotel ini hanya layak ditempati oleh single traveler. Meskipun sendirian, desain dan fasilitas hotel ini pas banget buat jomblo berpelesir dan menikmati waktu sendirian.Deretan kamar hotel ini hanya layak ditempati oleh single traveler. Meskipun sendirian, desain dan fasilitas hotel ini pas banget buat jomblo berpelesir dan menikmati waktu sendirian./ Foto: Istimewa/luxatic.

Selain fasilitas umum tersebut, hotel bintang lima memiliki standar khusus dalam penyediaan fasilitas hotelnya. Berikut adalah beberapa hal yang biasanya disediakan hotel bintang lima untuk kepuasan pengunjungnya:

  1. Memiliki minimal 10 ruang terbuka, baik di dalam ruangan atau luar ruangan.
  2. Penyejuk udara harus ada di setiap kamar.
  3. Tempat tidur dengan lebar minimal 90 cm untuk single bed dan 180cm untuk double bed.
  4. Hotel mewah bintang 5 harus menyediakan fasilitas pengering rambut di kamar secara gratis.
  5. Brankas dalam kamar harus disediakan di dalam kamar.
  6. Air minum minimal satu gelas per tamu dengan gelas.
  7. Semua kategori hotel menyediakan dua botol air minum kemasan bermerek yang disegel minimal 500 ml per orang per hari secara gratis.
  8. Folder stasioner dan berisi alat tulis.
  9. Meja tulis atau ruang dengan pencahayaan yang cukup.
  10. Pemberitahuan 'jangan ganggu'.
  11. Pemberitahuan 'kamar saya bersih'.
  12. Seprai/penutup tempat tidur.
  13. Pencahayaan hemat energi.
Ilustrasi hotelIlustrasi hotel/ Foto: Getty Images/simon2579


Fasilitas Hotel yang Boleh Dibawa Pulang

Di antara fasilitas hotel yang banyak tersebut, ada beberapa fasilitas hotel yang boleh dibawa pulang oleh tamu. Berikut daftarnya:

  1. Pasta gigi
  2. Peralatan mandi
  3. Moisturizer (jika tersedia)
  4. Cotton bud
  5. Tisu toilet
  6. Alat cukur
  7. Peralatan make up (jika tersedia)
  8. Alat sanitasi
  9. Tas laundry
  10. Peralatan jahit (jika tersedia)
  11. Majalah dan koran
  12. Alat jahit

Cup of coffee placing on a wooden small table in hotel roomCup of coffee placing on a wooden small table in hotel room/ Foto: Getty Images/iStockphoto/gece33

Meski fasilitas hotel yang disebutkan di atas boleh dibawa pulang, beberapa hotel mungkin memiliki ketentuan yang berbeda dan tamu akan mendapatkan charge pada barang-barang tertentu.

Fasilitas Hotel yang Tidak Boleh Dibawa Pulang

Disamping banyaknya fasilitas hotel yang boleh dibawa pulang, beberapa fasilitas ini tidak boleh kamu bawa pulang:

  1. Pengering rambut
  2. Handuk
  3. Gantungan baju
  4. Alat setrika
  5. Alat makan
  6. Ketel dan cangkir
  7. Air mineral
  8. Alat tulis
  9. Lampu lantai maupun lantai meja
  10. Jam
  11. Perlengkapan meja, kursi, dan kasur
  12. Peralatan elektronik
  13. Lukisan
  14. Bantal dan guling
  15. Bed cover
Ilustrasi hotelIlustrasi hotel/ Foto: Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudios


Fasilitas Hotel Luar Negeri yang Tidak Boleh Dibawa Pulang

Fasilitas hotel luar negeri kemungkinan sedikit berbeda dengan fasilitas hotel dalam negeri. Biasanya mereka menyediakan hal-hal yang jarang disediakan oleh hotel dalam negeri. Di antaranya adalah alat jahit, alat cukur, moisturizer, dan lainnya.

Ada beberapa fasilitas hotel luar negeri yang tidak boleh dibawa pulang atau tamu harus bertanya dulu pada petugas hotel, berikut daftarnya:

  1. Alat cukur
  2. Makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas
  3. Mesin kopi dan ketel
  4. Air mineral
  5. Makanan ringan dan buah-buahan
  6. Sandal dengan bahan
  7. Mainan bak mandi
  8. Payung

Nah, itu dia hal yang perlu diketahui tentang fasilitas hotel. Beberapa hal mungkin tergantung pada masing-masing kebijakan hotel, jadi kalau tamu mau bawa fasilitas hotel, jangan ragu untuk tanya ke petugas hotel.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER