Adegan Seks 'Parasite' Dianggap Penting, Bong Joon Ho Ungkap Alasannya

Dini Astari | Insertlive
Senin, 03 Jan 2022 21:45 WIB
Parasite
Jakarta, Insertlive -

Parasite menjadi salah satu film Korea Selatan yang fenomenal pada 2019 silam. Film ini bahkan menyabet Best Picture Oscar 2020 dan menjadi sejarah baru bagi perfilman Asia.

Tidak hanya disorot karena ceritanya yang apik, Parasite juga membuat heboh dengan memuat adegan seks antara Lee Sun Kyun dan Cho Yeo Jeong.

Adegan panas tersebut pun sempat menuai kritik dan dianggap tidak perlu, apalagi film Parasite berating PG-13 di mana bisa ditonton oleh remaja.


Namun, Bong Joon Ho belum lama ini mengaku bahwa adegan tersebut ternyata bagian penting dalam Parasite.

Sejak mulai menulis naskah Parasite, Bong Joon Ho mengaku adegan itu menjadi adegan terpenting yang terpikirkan olehnya. Baginya, adegan tersebut merupakan titik kritis film ini.

"Adegan seks sofa itu selalu menjadi adegan yang paling penting, sejak saya mulai menulis naskahnya. Parasite adalah tragedi yang datang dari karakter yang mengintip dan terlalu terlibat dalam kehidupan orang lain, baik itu disengaja atau tidak," ungkap Bong Joon Ho dalam wawancaranya bersama majalah FILO.

"Bayangkan betapa tidak nyamannya seorang ayah menonton film berperingkat R bersama anak-anaknya, bukan? Jadi untuk Ki Taek (Song Kang Ho), harus berada di sana melalui Park (Lee Sun Kyun) berhubungan seks, ini menjadi titik kritis. Saat itulah Ki Taek mulai menjauh dari Park, dan itu adalah urutan yang sangat penting untuk dimasukkan ke dalam film," sambungnya.

ParasiteParasite/ Foto: ParasiteMovie

Ia juga menambahkan bahwa adegan itu diniatkan untuk memancing reaksi canggung, tidak nyaman, sekaligus cemas dari penonton.

"Maksud saya adegan itu tidak memiliki sensasi seperti yang biasanya didapat dari film bersifat cabul. Saya ingin penonton mengalami ketegangan sebagai gantinya seperti mereka ingin adegan itu selesai dan diakhiri secepat mungkin," jelasnya.

"Saya ingin penonton berbagi perasaan itu dengan Ki Taek. Seperti perasaan tercekik itu. Saya bahkan ingin musiknya cocok dengan getaran itu... seperti bagian dalam panci bertekanan tinggi karena tekanannya benar-benar meningkat. Saya secara khusus meminta direktur musik Jung Jae Il untuk suara seperti itu juga," tutup Bong Joon Ho.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER