Sekolah di Inggris Larang Murid Nonton Drama 'Squid Game', Ini Alasannya

ikh - INSERTLIVE
Rabu, 13 Oct 2021 14:16 WIB
Permainan Squid Game mirip dengan permainan tradisional Indonesia Sekolah di Inggris Larang Murid Nonton Drama Squid Game', Ini Alasannya (Foto: Screenshoot instagram @netflixid)
Jakarta, Insertlive -

Serial Korea Selatan berjudul Squid Game menjadi perbincangan banyak penggemarnya di dunia. Film produksi Netflix ini mengisahkan tentang sejumlah kontestan yang berkompetisi di dalam permainan mematikan demi uang miliaran rupiah.

Film yang menayangkan banyak adegan kekerasan ini juga disukai banyak anak remaja. Bahkan beredar video sejumlah siswa sekolah di Inggris memainkan salah satu permainan di serial Squid Game. Hal ini pun langsung mendapatkan reaksi.

Seorang ayah bercerita bahwa sekolah anaknya di Ilford, London Timur, memberikan larangan kepada murid untuk menonton serial tersebut. Bahkan orang tua murid juga mendapat surat peringatan untuk melarang anak-anak menonton serial itu dengan ancaman sanksi.


"Tidak percaya sekolah anak-anak saya harus mengirim surat yang memberi tahu orang tua bahwa anak-anak memainkan Game Squid versi mereka sendiri dan bahwa orang tua akan memiliki sanksi yang diterapkan jika anak-anak mereka meniru Game Squid. Popularitas acara ini adalah tingkat berikutnya," tulis pria tersebut lewat Twitter yang dikutip dari Daily Mirror pada Rabu (13/11).

Sekolah lainnya di kawasan Inggris bahkan memberikan pelajaran tentang bahaya film yang mengandung unsur kekerasan. Bahkan orangtua juga diminta untuk memberikan pengawasan lebih terhadap berbagai tontonan anak-anak.

"Kami selalu memperbarui saran kami kepada orang tua dan anak-anak, itu adalah sesuatu yang terus kami perbarui. Sebagai tanggapan terhadap acara ini dan lainnya, kami telah memberikan pelajaran tambahan tentang kekerasan dan bahaya online," ungkap perwakilan sekolah tersebut.

Salah satu permainan yang populer karena serial Squid Game adalah Lampu Merah Lampu Hijau. Permainan ini menghukum peserta yang bergerak ketika lampu merah menyala. Dalam serial Squid Game, kontestan justru dibunuh bila terlihat bergerak saat lampu merah menyala.

Permainan ini lantas menjadi begitu populer di banyak kalangan termasuk anak-anak remaja. Bahkan banyak yang memainkan permainan tersebut dan menjadikan unsur kekerasan sebagai hukuman.

@mochii949 #squidgame #fyp #fypシ ♬ Squid Game - Carrot

Anak-anak remaja di Indonesia juga mulai akrab dengan permainan asal Korea ini. Bahkan ada salah satu video TikTok yang menayangkan video anak-anak Indonesia memainkan permainan ini.

Tayangan video itu juga memperlihatkan hukumannya yang tak tanggung-tanggung dan mengandung unsur kekerasan. Anak-anak yang terlihat bergerak akan dilempar dengan sendal jepit oleh seseorang yang dijadikan sebagai juri eksekutor.

Pengaruh serial Squid Game terhadap peningkatan tindak kekerasan di dalam permainan memang dianggap cukup serius oleh sebagian sekolah di Inggris. Hal itu membuat banyak pihak akademisi merasa bahwa perlu adanya kerja sama dari orang tua dan sekolah untuk mengontrol tontonan anak-anak.

"Di mana ada kekhawatiran tentang perlindungan, terutama ketika anak-anak di bawah usia 15 tahun menonton pertunjukan di rumah, orang tua perlu menilai apakah cocok atau tidak untuk anak mereka," ujar salah satu sumber akademisi.

"Mereka harus menggunakan pengawasan orang tua untuk memutuskan, seperti yang seharusnya mereka lakukan ketika datang ke hiburan apa pun yang berisi tema dewasa yang ingin dilihat anak mereka. Di mana ada kekhawatiran khusus, kami mendorong sekolah untuk bekerja sama dengan orang tua," tutup sumber tersebut.

(ikh/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER