Kronologi Ucapan Miras Minuman Rasulullah yang Bikin Sule Cs Dipolisikan

InsertLive | Insertlive
Kamis, 24 Nov 2022 14:47 WIB
Sule
Jakarta, Insertlive -

Budi Dalton, komedian berdarah Sunda membuat candaan yang sensitif terhadap umat Islam.

Dalam cuplikan sebuah video yang beredar di media sosial, Budi Dalton menyebut bahwa miras yang merupakan kependekan dari minuman keras memiliki arti yang lain.

Budi Dalton berpikiran bahwa miras merupakan kependekan dari minuman Rasulullah.


"Miras, kan minuman Rasulullah," kata Budi Dalton dalam potongan video tersebut.

Komedian yang akrab disapa Mang Saswi pun ikut terbahak saat mendengar candaan dari Budi Dalton tersebut.

Rupanya, Budi Dalton dan Mang Saswi tengah berada dalam acara ngobrolSUnda yangg dihadiri banyak komendian, termasuk Sule yangnjuga ikut tertawa.

Setelah cuplikan video itu viral dan membuat resah umat Islam, Budi Dalton pun mengunggah video permintaan maaf.

Ia menjelaskan bahwa miras yang ia maksud bukanlah minuman keras melainkan singkatan dari minuman Rasulullah.

Budi Dalton ingin menghilangkan kata-kata yang bersifat negatif dan mengubahnya menjadi hal yang bermakna positif.

"Bagi yang pernah menonton potongan film itu sekali lagi saya minta maaf, video itu saya buat kurang lebih 3 tahun lalu dan saat itu saya sudah membuat beberapa klarifikasi," kata Budi Dalton dikutip dari YouTube MALAHMANDAR TV.

Budi DaltonBudi Dalton/ Foto: dok. YouTube

Namun, Budi Dalton mengakui bahwa dirinya memang luput dan tidak pikir panjang dalam memberikan contoh.

"Apa yang saya ucapkan di situ tidak seperti apa yang kita tonton. Saya di bidang sastra saya ingin menghilangkan dogma dengan narasi negatif menjadi positif hanya saja dalam contohnya saya kurang tepat," sambungnya.

Oleh karena telah membuat heboh dan menyinggung umat Muslim, Budi Dalton pun mengakui kesalahannya dan meminta maaf.

"Saya mohon maaf kepada siapa pun yang tersinggung saya akan bisa menjelaskannya sedetail apapun," imbuhnya.

Sule Cs Dilaporkan

Sule terseret kasus ucapan Budi Dalton soal 'miras minuman Rasulullah'. Komedian berstatus duda yang saat itu bersama rekannya Mang Saswi dipolisikan karena menertawakan pernyataan Budi Dalton terkait candaan miras minuman Rasulullah.

"Kenapa Sule dan Mang Saswi kami laporkan? Di situ, kan, ketika Budi Dalton menyatakan miras adalah minuman Rasulullah, mereka secara refleks tertawa dan kami anggap ikut terlibat. Di situ sama halnya dia membenarkan dan mengiyakan. Jadi kami anggap terlibat," ujar pelapor, Syahrul Rizal yang juga Ketua Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (Ampera) di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/11).

Budi Dalton, Sule, dan Mang Saswi dianggap telah menyinggung umat muslim dengan pernyataan 'miras minuman Rasulullah'.

"Yang kami laporkan itu biasa dikenal Budi Dalton. Kedua ada Sutisna alias Sule dan ketiga atas nama Sasongko Wijonarko alias Mang Saswi. Ketiga nama ini kami anggap telah menyinggung perasaan umat beragama khususnya umat Muslim," terang Syahrul.

"Dari laporan ini ketiga orang ini kami merasa bahwa dari pernyataan yang disiarkan lewat YouTube itu mengundang SARA di mana Budi Dalton secara sadar ada kesengajaan di situ mengatakan bahwa miras adalah minuman Rasulullah," lanjutnya.

Laporan dari Syahrul itu kini telah diterima oleh Polda Metro Jaya. Laporan tersebut teregister dengan nomor STLP/B/5984/XI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Pelapor melaporkan Sule, Budi Dalton, dan Mang Saswi di Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45A ayat 2 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE. Ketiganya juga dilaporkan di Pasal 156 KUHP Juncto Pasal 156A KUHP.

Budi Dalton sebenarnya sudah meminta maaf atas pernyataan soal 'miras minuman Rasulullah'. Ia mengatakan miras yang dimaksud adalah singkatan dari minuman Rasulullah, bukan minuman keras.

Sementara itu, Sule dan Mang Saswi belum merespons soal pelaporan diri mereka berbeda dengan Budi Dalton yang sudah menyampaikan permohonan maafnya.

--------

InsertLive mengurasi berita terpanas selebriti dengan satu klik Google News

(arm/kmb)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER