Urip yang Rekayasa Kematiannya Bicara Nabi Konghucu dengan Habib Jafar

INSERTLIVE | Insertlive
Jumat, 18 Nov 2022 20:45 WIB
Polisi akan memeriksa sejumlah pihak untuk mengungkap fakta kabar pria bernama Urip Saputra yang meninggal lalu hidup lagi. (Tangkapan layar video viral) Urip yang Rekayasa Kematiannya Bicara Nabi Konghucu dengan Habib Jafar/Foto: Polisi akan memeriksa sejumlah pihak untuk mengungkap fakta kabar pria bernama Urip Saputra yang meninggal lalu hidup lagi. (Tangkapan layar video viral)
Jakarta, Insertlive -

Sosok Urip Saputra menjadi perbincangan setelah dirinya disebut hidup lagi usai dinyatakan meninggal dunia yang menghebohkan RSUD Bogor.

Belakangan baru terungkap kalau Urip ternyata sengaja merekayasa kematiannya untuk menghindari penagih utang.

"Sedang kami konfirmasi terkait dengan utang atau yang menagih utang tersebut," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin dilansir dari detikcom, Kamis (17/11).


Kehebohkan Urip Saputra tak berhenti sampai di situ, pria ini ternyata pernah muncul dalam konten YouTube milik Habib Jafar delapan bulan silam.

Dalam konten tersebut, Urip berdialog dengan Habib Jafar mewakili agama Konghucu yang dianutnya. Ia juga berbicara soal agama tersebut, termasuk soal nabi dalam Konghucu.

"Nabinya siapa Konghucu?" tanya Habib Jafar.

"Dari sekian banyak nabi, tokoh atau nabi utamanya ya Konghucu, namanya Konghucu," jelas Urip.

Lebih lanjut, Urip juga mengatakan penganut Konghucu di Indonesia memiliki kemiripan dengan agama Islam di mana mereka meyakini Tuhan dan dianjurkan pula mengasihi sesama.

"Kalau dalam agama Konghucu Nusantara itu adalah dia ber-Tuhan dan beriman kepadaNya maka dalam kehidupan dia juga harus menghargai sesamanya tanpa melihat identitas, etnis, agama. Nah prinsipnya seperti itu," terang Urip.

Urip SaputraUrip Saputra/ Foto: YouTube


Urip Saputra sebelumnya dikabarkan meninggal dunia di Semarang, Jawa Tengah. Jenazahnya kemudian dibawa ke Bogor dengan kargo pesawat.

Anehnya, polisi tak menemukan adanya jadwal penerbangan dari Semarang ke Jakarta yang membawa peti jenazah. Saat sampai di rumah, Urip ternyata masih hidup dan langsung dilarikan ke RSUD Kota Bogor.

Urip Saputra sekarang dikabarkan sudah kembali pulang setelah sempat dirawat. Polisi mengatakan masih akan memastikan kabar tersebut.

"Saat ini kami sedang memastikan apakah yang bersangkutan sudah dipulangkan atau belum dari RSUD Kota Bogor," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan di Mapolres Bogor.Polisi mengatakan sudah mencoba meminta keterangan kepada keluarga Urip. Namun, karena alasan kesehatan, pemeriksaan belum dilakukan.

"Karena pada saat kami mencoba meminta beberapa informasi juga ke RSUD Kota Bogor, dari pihak keluarga masih menolak dengan alasan masih mengedepankan perawatan," sambungnya.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER