Putuskan Jadi Dukun, Ratna Listy Sempat Dimusuhi Keluarga

Ilona Tarigan - INSERTLIVE
Kamis, 25 Nov 2021 18:55 WIB
Ratna Listy
Jakarta, Insertlive -

Ratna Listy menjadi salah satu artis yang hingga kini masih eksis sebagai penyanyi keroncong.

Wanita berusia 48 tahun ini juga tetap disibukkan dengan dunia pengobatan alternatif atau spiritual yang ia jalani beberapa tahun belakangan ini.

Ia membuka klinik spiritual bersama rekannya, Panglima Langit, dan telah membantu banyak orang sembuh dari penyakit yang tak bisa dideteksi oleh medis.


"Di samping nyanyi, saya juga ada kegiatan lain di bidang spiritual, yaitu aku buka klinik bersama Panglima Langit. Jadi pengobatan kami khusus menangani masalah-masalah nonmedis seperti sihir, santet, dan lain-lain," ungkap Ratna Listy ditemui di Studio Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (25/11).

Keputusan untuk menjadi dukun diakui Ratna awalnya lantaran dirinya mengalami sakit yang tak berkesudahan.

Ia pun mencoba pengobatan alternatif agar bisa sembuh dan malah tertarik untuk mempelajarinya.

"Awal mula aku belajar pengobatan spiritual itu karena aku waktu itu ada alergi yang mengharuskan aku minum obat terus. Lalu aku mempelajari metode pengobatan tanpa obat dengan meditasi, jurus-jurus, aku tertarik gitu," jelas Ratna.

"Jujur saja saya nggak punya bakat indigo, sampai akhirnya aku ketemu sama Panglima Langit karena restoran aku diganggu. Pas dia udah bantu beresin gangguan itu baru aku percaya dan makin tertarik," sambungnya.

Profesi yang ia jalani kini pun sempat mendapat tentangan dari pihak keluarga. Ratna juga mengaku dijauhi oleh teman-temannya kala itu.

"Setelah aku akhirnya jadi murid Panglima, itulah baru aku mendapat tantangan, keluarga menentang, teman-teman menjauhi," kenangnya.

Ratna ListyRatna Listy/ Foto: Ilona Tarigan

Namun, keinginannya yang kuat untuk bisa membantu sesama lewat jalur pengobatan spiritual membuat Ratna nekat menggeluti profesi ini meski mendapat penolakan.

Pada akhirnya, keluarga dan teman-temannya kini sudah bisa menerima keputusannya dan mendukung penuh keputusan itu.

"Cuma nggak tahu kenapa hati kecil saya itu tetap pengen di jalur ini, dan alhamdulillah walau tantangan itu ada tapi sudah bisa ditaklukkan, keluarga juga sudah support," tutup Ratna Listy.

(dia/and)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER