Bersatu di Keabadian, Puisi Kenangan Habibie untuk Ainun Jadi Sorotan

arm - INSERTLIVE
Kamis, 12 Sep 2019 13:02 WIB
Bersatu di Keabadian, Puisi Kenangan Habibie untuk Ainun Jadi Sorotan
Jakarta, Insertlive - Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) kemarin. Di tengah duka atas kepergian Baoak Teknologi Indonesia tersebut, banyak yang mengenang kembali begitu dalam rasa cinta Habibie terhadap sang istri, Hasri Ainun Besari. Kepergian Ainun yang meninggal dunia pada tahun 2010 itu menorehkan luka yang mendalam bagi Presiden ketiga Republik Indonesia itu.

Bapak Teknologi Indonesia itu kemudian menuliskan sebuah puisi untuk melepas kepergian istri tercintanya, yang mengembuskan napas terakhirnya di München, Jerman.

Romantisme kisah asmara itu membuat puisi kenangan Ainun kembali menjadi sorotan dan bahan perbincangan di lini Twitter.

Berikut ini puisi dari BJ Habibie untuk Ainun.

Sebenarnya ini bukan tentang kematianmu, bukan itu. Karena, aku tahu bahwa semua yang ada pasti menjadi tiada pada akhirnya, dan kematian adalah sesuatu yang pasti, dan kali ini adalah giliranmu untuk pergi, aku sangat tahu itu.

Tapi yang membuatku tersentak sedemikian hebat, adalah kenyataan bahwa kematian benar-benar dapat memutuskan kebahagiaan dalam diri seseorang, sekejap saja, lalu rasanya mampu membuatku menjadi nelangsa setengah mati, hatiku seperti tak di tempatnya, dan tubuhku serasa kosong melompong, hilang isi.
Habibie dan AinunHabibie dan Ainun/ Foto: wikipedia

Kau tahu sayang, rasanya seperti angin yang tiba-tiba hilang berganti kemarau gersang. Pada airmata yang jatuh kali ini, aku selipkan salam perpisahan panjang, pada kesetiaan yang telah kau ukir, pada kenangan pahit manis selama kau ada, aku bukan hendak mengeluh, tapi rasanya terlalu sebentar kau disini.

Mereka mengira aku lah kekasih yang baik bagimu sayang, tanpa mereka sadari, bahwa kaulah yang menjadikan aku kekasih yang baik. Mana mungkin aku setia padahal memang kecenderunganku adalah mendua, tapi kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia, kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini.

Sekadar infomasi, rencananya Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, siang ini. Beliau akan dimakamkan berdampingan dengan makam sang istri, Ibu Ainun. Ini merupakan keinginan Habibie dimakamkan berdampingan dengan Ibu Ainun.

[Gambas:Video Insertlive]

(arm/fik)
KOMENTAR
POPULER