Cerita di Balik Terungkapnya Kasus Video Mesum Jung Joon Young Cs

Dias Samsoerizal - INSERTLIVE
Jumat, 12 Apr 2019 11:49 WIB
Cerita di Balik Terungkapnya Kasus Video Mesum Jung Joon Young Cs
Jakarta, Insertlive - Jung Joon Young ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus video mesum. Ia sudah ditahan. Kasus ini pun masih menjadi perbincangan hangat di Korea. Pengacara Bang Jung Hyun angkat bicara soal kasus yang menjerat penyanyi dan bintang reality show tersebut. Bang Jung Hyun adalah pengacara yang menyerahkan konten percakapan Jung Joon Young cs kepada Komisi Anti Korupsi dan Hak-Hak Sipil.

Dalam acara Spotlight di JTBC, Bang Jung Hyun mengungkapkan bahwa tanpa sengaja Jung Joon Young membantu polisi dalam penyelidikan kasus tersebut. Pengacara ini mengungkapkan bahwa kepolisian memiliki catatan pembicaraan Jung Joon Young selama delapan bulan.


"Jika ada 10 korban dalam delapan bulan itu, maka pasti ada lebih banyak lagi selama tiga tahun dalam rentang waktu 2016-2019. Sehingga kami tidak memiliki catatannya. Periode tiga tahun itu benar-benar terputus. Itu hilang dari investigasi," katanya seperti dilansir dari Soompi.

Diketahui, untuk menutupi jejak dalam percakapan grup tersebut, anggota secara berkala mengubah ruang obrolan mereka. Bang Jung Hyun menjelaskan, setiap dua bulan, Seungri akan memberitahu semua anggota untuk meninggalkan ruang obrolan dan menghapusnya.

Jung Joon YoungFoto: AP Photo/Lee Jin-man
Jung Joon Young
Ketika ditanyakan ke pakar IT yang juga ikut dalam perbincangan tersebut, apakah meninggalkan ruang obrolan secara efektif dapat menghapus semua rekaman percakapan? Kim Ho Kwang, pakar IT Korea itu menjelaskan bahwa catatan disimpan untuk jangka waktu yang ditentukan.

"Tapi bayangkan ada berapa banyak yang akan muncul," katanya. "Ini sangat luar biasa dan kami tidak menemukan cadangan ruang obrolan itu. Jadi, jika Anda perlu menemukan sesuatu dari satu minggu atau satu bulan yang lalu, sering kali Anda tidak dapat menemukan apa pun," ujarnya.

Namun, menurut Bang Jung Hyun, ternyata Jung Joon Young tidak pernah meninggalkan ruang obrolan dan menghapus pesan. "Jika semua orang meninggalkan ruang obrolan dan menghapusnya, akan sulit untuk mengembalikan ruang obrolan itu dalam bentuk apa pun," katanya.

"Ironisnya, Jung Joon Young tidak pernah meninggalkan dan menghapus ruang obrolan. Hal itulah yang telah menjadi penghubung untuk semua kasus yang akan diungkapkan," tambahnya.


(dis/fik)
KOMENTAR
POPULER