Review 'Mangkujiwo 2', Bukan Sekadar Film Horor

Khairunnisa Salsabila | Insertlive
Rabu, 25 Jan 2023 20:30 WIB
Film Mangkujiwo 2 Foto: instagram.com/kuntilanakfilm
Jakarta, Insertlive -

Film Mangkujiwo 2 akan segera tayang besok, Kamis (26/1) di bioskop seluruh Indonesia.

Film horor garapan sutradara Azhar Kinoi Lubis ini menampilkan sederet aktor kenamaan Tanah Air, seperti Sujiwo Tejo, Yasamin Jasem, Marthino Lio, Karina Suwandi, Djenar Maesa Ayu, hingga Widika Sidmore.

Mangkujiwo 2 mengisahkan sekte Mangkujiwo yang menggunakan kuntilanak sebagai medium pesugihan untuk meraih kejayaan dan kekuasaan.


Film ini menyoroti keserakahan Brotoseno (Sujiwo Tejo) yang menghalalkan berbagai cara untuk mengalahkan pesaing-pesaingnya.

IKUTI QUIZ
Poster Mangkujiwo 2Poster Mangkujiwo 2/ Foto: Twitter

Bukan Sekadar Film Horor

Film horor biasanya identik dengan penampakan seram yang mengagetkan penontonnya. Namun, Mangkujiwo 2 tidak hanya menjual jump scare, tetapi menyuguhkan kisah mendalam di balik sosok kuntilanak.

Mangkujiwo 2 juga memberikan teori atau jawaban atas sebuah peristiwa mistis, seperti alasan kuntilanak 'hadir' saat lagu Lingsir Wengi dilantunkan, atau alasan mengapa kuntilanak muncul dari dalam cermin.

Film ini juga menggambarkan betapa kejamnya manusia yang rela melakukan hal keji demi meraih tujuan mereka, sehingga manusia dapat dikatakan lebih kejam dari setan itu sendiri.

Nilai plus dari film Mangkujiwo 2 adalah adanya unsur cerita lain di samping horor, seperti drama keluarga, bisnis, politik, sejarah, hingga percintaan.

Film ini juga mampu memvisualisasikan latar tahun 70-an dengan baik melalui interior di setiap lokasi, busana para pemain, hingga penggambaran pesta pada masa tersebut.

Cuplikan trailer film 'Mangkujiwo 2' yang menampilkan Yasmin Jasem dan Marthino Lio.Cuplikan trailer film 'Mangkujiwo 2' yang menampilkan Yasmin Jasem dan Marthino Lio./ Foto: YouTube.com

Pesan Moral dari Mangkujiwo 2

Dari film Mangkujiwo 2, para penonton bisa mengambil pesan moral bahwa ketamakan manusia bisa mengubah mereka menjadi sosok yang lebih kejam dari pada setan.

Selain itu, melalui sosok kuntilanak, film ini juga menunjukkan bahwa hasrat seorang ibu untuk melindungi anaknya tidak akan pernah hilang sampai kapan pun.

Kejutan pada Ending

Saat film telah selesai, jangan langsung beranjak dari tempat duduk karena akan ada after credits yang memperlihatkan hal tak terduga yang menjadi jembatan untuk cerita Kuntilanak Universe selanjutnya.

(KHS/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER