Reaksi Pamungkas Usai 'Birdy' Dituding Plagiat Puisi Charles Bukowski

Insertlive | Insertlive
Selasa, 08 Feb 2022 07:40 WIB
Pamungkas
Jakarta, Insertlive -

Penyanyi Pamungkas belum lama ini merilis lagu baru berjudul Birdy. Lagu tersebut langsung mendapat sambutan hangat dari para penggemarnya.

Namun sayang isu plagiarisme justru menghampiri Pamungkas usai merilis Birdy. Lagu Pamungkas ini dituding sebagai plagiat dari puisi berjudul Bluebird karya Charles Bukowski.

Pamungkas lantas sempat disinggung perihal tersebut saat berbincang dengan Armand Maulana. Ia belum berani untuk buka-bukaan terkait isu plagiarisme tersebut.


Pelantun To The Bone ini lantas membahas soal rasa tak percaya diri dengan karyanya. Ia bahkan sempat ingin mengakhiri karier di dunia musik pada 2020.

Rasa tidak percaya diri itu muncul karena Pamungkas dikritik tak bisa menjadi diri sendiri dalam sejumlah karya terbaru termasuk di album ke-3.

Pamungkas lantas berusaha untuk tak memberikan tanggapan soal tuduhan lagu Birdy sebagai hasil plagiat. Ia baru akan bicara banyak setelah merilis album ke-4.

"Gue pilih untuk menahan dulu. Terlalu sensitif. Tujuan gue cuma pengin main musik aja, melakukan yang gue cinta. Gue nggak niat untuk akhirnya booming, gue bikin aja, kebetulan lagunya begini. Ada ekspektasi gue nggak boleh lakukan kesalahan," ungkap Pamungkas saat berbincang dengan Armand yang dikutip pada Senin (7/2).

"Jadi untuk menjawab, akan terjawab ketika albumnya keluar. Cuma yang bisa dijelaskan, album ini yang menolong gue (bermusik lagi setelah ingin berhenti) untuk lanjut. Ya, kita tunggu aja lah," sambungnya.

Tudingan plagiarisme yang diarahkan kepada Pamungkas pertama kali diungkap oleh pegiat sastra bernama Hamzah Muhammad. Pamungkas disebut tak kapok dengan kasus plagiarisme usai beberapa waktu sebelumnya juga tersandung kasus plagiat terhadap artwork artis Prancis Baptiste Virot.

"Problem Pamungkas bukan musikalitas. Tapi mentalitas. Single terbarunya Birdy tidak menawarkan pembacaan ulang atas The Bluebird Charles Bukowski. Birdy adalah parafrase yang buruk," tulis pegiat sastra bernama Hamzah Muhammad lewat unggahan di Twitter yang dikutip pada Kamis (3/2).

"Setelah kasus plagiasi cover album, sekarang puisi. Rasanya ada yang belum selesai di dirinya," tutup Hamzah.

(ikh)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER