Rekomendasi 5 Film Pendek Indonesia Terbaik yang Bisa Ditonton Gratis!

and | Insertlive
Senin, 01 Nov 2021 20:50 WIB
film pendek Resepsi
Jakarta, Insertlive -

Tak hanya film layar lebar yang menarik perhatian masyarakat saat ini. Film pendek kini juga memiliki penggemarnya sendiri.

Berkat film pendek Tilik yang viral tahun lalu, khalayak mulai penasaran dan mencari film pendek serupa sebagai hiburan. Mengingat durasi film pendek bisa ditonton sekali duduk, hal ini membuat banyak orang mulai menggandrunginya.

Berikut ini InsertLive sajikan rekomendasi 5 film pendek terbaik Indonesia yang jarang orang bicarakan di YouTube. Namun, mampu memberikan pengalaman menonton film pendek dengan kesan tersendiri.


1. Before 7 Days

Before 7 Days atau Sebelum Tujuh Hari merupakan film pendek yang mengisahkan tentang mitos yang terjadi pada arwah seseorang yang baru saja meninggal (sebelum tujuh hari), seolah masih berada di dalam rumah.

Film pendek yang disutradarai oleh Ivan Padak Demon ini menceritakan tentang adik-beradik yang datang melayat nenek mereka yang baru saja meninggal.

Berdasarkan mitos sebelum tujuh hari tersebut, mereka percaya bahwa arwah sang nenek masih berada di rumah. Terbukti, di malam hari keduanya mulai merasa terganggu dengan kedatangan sang nenek.

Tak hanya bikin bergidik ngeri, film ini juga menyentuh. Bahwa sejatinya sang nenek rindu pada kedua cucunya.

[Gambas:Youtube]


2. Rumah Kuta Kita

Flm pendek romcom ini berlatar belakang tahun 1998, saat keadaan Indonesia tengah karut-marut. Tanu dan Fani, sepasang pengantin muda yang ingin berbulan madu, gagal berangkat akibat keadaan tidak kondusif tersebut.

Namun, keduanya tak habis akal. Mereka menciptakan suasana bulan madu layaknya di Bali dengan cara mereka sendiri di tengah tragedi diskriminasi SARA yang terjadi.

Lagu Kuta Bali dari Andre Hehanussa pun seperti ode yang menambah kesan melankolia nan menghanyutkan dalam film pendek Rumah Kuta Kita ini.

[Gambas:Youtube]


3. Resepsi

Film pendek dengan durasi hanya tiga menit ini menceritakan tentang pertemuan seorang lelaki dan perepuan yang membahas tentang pernikahan mereka.

Jangan salah, durasi singkat ini berhasil membawa kita pada kenyataan bahwa obrolan tentang pernikahan tak bisa dianggap remeh. Film garapan Ferry Irwandi ini juga menyelipkan twist yang tak kalah menarik.

[Gambas:Youtube]


4. Asa

Film pendek ini mengangkat isu pelecehan dan kekerasan seksual, fenomena yang masih kerap terjadi di Indonesia. Asa bercerita tentang siswi SMA yang menjadi korban kekerasan seksual yang dikenalnya lewat media sosial.

Film berdurasi 21 menit ini menunjukkan betapa pentingnya keluarga sebagai orang terdekat dalam memberikan dukungan moral untuk korban kekerasan seksual.

[Gambas:Youtube]

5. Jendela

Film pendek Jendela ini mengangkat kisah hubungan ayah dan anak laki-laki yang cukup dekat dengan kenyataan sehari-hari. Hubungan yang tidak terlalu dekat sebagaimana mestinya.

Film pendek dengan durasi 30 menit ini bercerita tentang Bimo dan ayahnya yang tengah dalam perjalanan kereta menuju kampung halaman seusai Bimo operasi di luar kota.

Perjalanan panjang itu begitu canggung dengan sedikit percakapan. Mungkin terasa membosankan, tetapi film pendek garapan Randi Pratama ini berhasil membuat penonton terenyuh.

[Gambas:Youtube]



(and/and)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER