Deretan Film Religi Indonesia yang Tuai Kontroversi

and - INSERTLIVE
Senin, 11 Oct 2021 18:30 WIB
Mengaku Rasul: Sesat Foto: Dok. indonesianfilmcenter
Jakarta, Insertlive -

Film religi di Indonesia masih menjadi topik panas yang begitu sensitif. Penyajian yang kurang tepat bisa membawa film tersebut ke lubang masalah yang berkepanjangan.

Indonesia memang memiliki beragam suku dan agama. Meski heterogen, isu agama tetap menjadi hal yang sensitif. Seperti beberapa film berikut yang akhirnya menuai pro dan kontra, bahkan ada juga yang dicekal untuk ditayangkan.

Berikut InsertLive sajikan daftarnya untuk Insertizen.



1. Mengaku Rasul: Sesat (2008)

Pada medio 2000-an, munculnya beragam aliran sesat jamak ditemui di Indonesia. Film Mengaku Rasul: Sesat garapan Helfi Kardit ini mencoba mengangkat fenomena tersebut.

Film ini mengangkat kisah di balik sebuah pondok pesantren di Jawa Barat yang merupakan kedok seorang guru (Reza Pahlevi) memanfaatkan agama demi duniawi; kekayaan dan kekuasaan. Ia pun mengaku sebagai rasul utusan Allah.

Film yang turut dibintangi Ray Sahetapy ini juga mengisahkan tentang upaya penghapusan dosa dan jaminan masuk surga dengan cara membeli sertifikat.

Tak pelak hal itu membuat MUI melayangkan protes terkait penayangan film Mengaku Rasul: Sesat ini lantaran dianggap menyajikan penyimpangan ajaran Islam.


2. Doa yang Mengancam (2008)

Film ini mengangkat tentang keputusasaan seorang kuli angkut, Madrim, yang diperankan oleh Aming. Ia merasa bahwa dirinya adalah orang paling malang di dunia.

Madrim memutuskan untuk beribadah, namun doanya tak kunjung dikabulkan. Ia pun mengancam Tuhan, jika doanya dalam tiga hari tak juga terkabul, ia akan berpaling memuja setan.

Film garapan Hanung Bramantyo ini kemudian menjadi ladang protes lantaran dinilai menyalahgunakan makna doa. Namun, film ini tetap tayang dan masyarakat memuji Aming berkat aktingnya yang totalitas.

[Gambas:Youtube]



Baca halaman selanjutnya.

(and/and)
1 / 2
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER