Little Women, Satu-satunya Film Perempuan di Nominasi OSCAR 2020

VOA - INSERTLIVE
Sabtu, 08 Feb 2020 08:20 WIB
Little Women menjadi satu-satunya film yang berkisah tentang perempuan dan digarap oleh sutradara perempuan di nominasi OSCAR 2020.
Jakarta, Insertlive - Ajang penghargaan Academy Awards atau OSCAR 2020 yang akan digelar pada Minggu (9/2) memang telah dinanti para sineas dunia. Namun banyak yang kecewa dengan daftar nominasi penghargaan yang diumumkan beberapa waktu lalu.

Hal itu dikarenakan sedikitnya jumlah perempuan dan orang non-kulit putih di daftar nominasi tersebut. Bahkan tagar #oscarsowhite yang populer empat tahun lalu kembali muncul.

Dari sembilan judul yang masuk daftar nominasi film terbaik OSCAR 2020, hanya film Little Women yang berkisah tentang perempuan. Selain itu Little Women juga jadi satu-satunya film garapan sutradara perempuan di daftar nominasi tersebut.

Meski masuk nominasi film terbaik OSCAR 2020, Little Women tak mampu membawa Greta Gerwig masuk dalam nominasi sutradara terbaik. Daftar nominasi sutradara terbaik OSCAR 2020 didominasi oleh kaum pria.


"Jika yang bercerita lebih beragam, maka perspektif ceritanya juga lebih beragam," ujar sutradara Little Women, Greta Gerwig, dilansir dari VOA, Jumat (7/2).

Greta GerwigGreta Gerwig/ Foto: Instagram/gretagerwig.portraits

Film Little Women sendiri berkisah tentang kehidupan empat saudara perempuan dalam satu keluarga. Mereka adalah Jo ( Saoirse Ronan), Meg (Emma Watson), Amy (Florence Pugh) and Beth March (Eliza Scanlen) serta Marmee (Laura Dern) yang berperan sebagai ibu.

Kehadiran para sineas perempuan serta orang non-kulit putih di dunia perfilman memunculkan cerita-cerita baru yang beragam dan menarik. Sebagai contoh kesuksesan Bong Joon Ho dalam membawa film Korea, Parasite ke industri film dunia dan menjuarai sejumlah penghargaan.

Hal itu yang membuat Greta juga yakin jika penonton sebenarnya menginginkan cerita film baru yang lebih beragam. Sesuatu yang mungkin dianggap Greta akan sulit terwujud bila para sineas hanya didominasi oleh pria dan orang kulit putih saja.

"Kemungkinan penonton akan menyaksikan cerita yang sama sekali baru dan tak terduga, karena itu yang menarik bagi penonton," kata Greta.

[Gambas:Video Insertlive]

(ikh/ikh)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER