Kok Nomimasi Oscar 2020 So White dan So Male Banget

VOA - INSERTLIVE
Sabtu, 08 Feb 2020 10:50 WIB
Kok Nomimasi Oscar 2020 So White dan So Male Banget
Jakarta, Insertlive - Ajang penghargaan film yang bergengsi di dunia, Academy Awards ke-92 atau OSCAR 2020 akan segera digelar. Bahkan daftar nominasi di penghargaan tahun ini telah diumumkan beberapa waktu lalu.

Namun banyak yang kecewa dengan daftar nominasi yang diumumkan. Hal itu dikarenakan kurangnya kaum perempuan dan orang non kulit putih yang masuk dalam daftar tersebut.

Daftar nominasi tersebut bahkan menuai beragam kritikan dari banyak pihak. Bahkan di media sosial muncul tagar #oscarssowhite yang pernah populer sekitar empat tahun lalu.

Film Little WomenFilm Little Women/ Foto: Instagram/littlewomenmovie

Dari sembilan film yang masuk daftar nominasi film terbaik OSCAR 2020, hanya film Little Women yang berkisah tentang perempuan dan digarap oleh sutradara perempuan. Selain itu dari 20 nominasi di kategori akting, hanya satu orang yang non kulit putih. Dia adalah aktris pemeran di film Harriet bernama Cynthia Erivo.

"Belum ada banyak kemajuan dan masih banyak upaya yang harus dilakukan, kita harus mulai membicarakan secara nyata, kita benar-benar harus mulai mengimplementasikan hal-hal yang akan mengubah hasil. Mungkin selama ini kita sudah mulai membicarakannya, tapi masih ragu-ragu membuat perubahan, semoga perkembangan baru ini bisa mendorong perubahan," ujar Cynthia Erivo dilansir dari VOA, Jumat (7/2).

Cynthia ErivoCynthia Erivo/ Foto: Instagram/cynthiaerivo

Dalam nominasi kategori sutradara terbaik juga tidak ada kaum perempuan yang masuk. Lima sutradara pria seperti Martin Scorsese, Todd Philips, Sam Mendes, Quentin Tarantino, dan Bong Joon Ho bersaing dalam nominasi tersebut.

"Jika yang bercerita lebih beragam, maka perspektif ceritanya juga lebih beragam, kemungkinan penonton akan menyaksikan cerita yang sama sekali baru dan tak terduga, karena itu yang menarik bagi penonton," ujar sutradara Little Women, Greta Gerwig.

Greta GerwigGreta Gerwig/ Foto: Instagram/gretagerwig.portraits

Meski begitu, sejak 2016 Academy of Motion Picture Arts and Sciences telah melipatgandakan jumlah perempuan dan orang non kulit putih di keanggotaan. Namun tahun 2019 tercatat hanya 32 persen jumlah wanita dan 16 persen orang non kulit putih dari 8000 anggota yang ada.

Padahal tahun 2019 jumlah perempuan yang terlibat di berbagai bidang perfilman mencapai 21 persen. Hal itu tampaknya juga tidak berdampak dengan meningkatnya jumlah perempuan dan orang non kulit putih di ajang penghargaan OSCAR 2020.

[Gambas:Video Insertlive]

(ikh/ikh)
KOMENTAR
POPULER