Kunci Sukses BTS: Tidak Banyak Aturan dari Bang Si Hyuk

Syafrina Syaaf - INSERTLIVE
Kamis, 10 Oct 2019 12:34 WIB
Kunci Sukses BTS: Tidak Banyak Aturan dari Bang Si Hyuk
Jakarta, Insertlive - Tidak ada yang menyangka grup musik asal Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan atau BTS, yang dibentuk oleh agensi nyaris bangkrut, Big Hit Entertainment, bakal meraih sukses spektakuler dalam skala global seperti sekarang.

Satu per satu prestasi secara perlahan tapi pasti diraih oleh grup dengan tujuh member, RM, Jin, SUGA, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook, ini baik dalam lingkup Korea Selatan dan internasional.

Pada sebuah wawancara terbaru dengan TIME, Pendiri dan Rekan CEO Big Hit, Bang Si Hyuk, menguraikan hal-hal yang membuat BTS bisa sukses sehebat sekarang.

"Sulit bagi saya untuk mengatakan strategi A membuat strategi B berjalan baik," ungkap Si Hyuk.



"Hal yang bisa saya katakana adalah bahwa keberhasilan BTS di pasar Amerika dicapai dengan formula yang berbeda dari formula mainstream artis-artis Amerika kebanyakan. Kami membangun loyalitas melalui kontak langsung dengan para penggemar. Mungkin ada hubungannya dengan itu," urainya.

Dia menyamakan bahwa kontak langsung dengan penggemar sama seperti yang dilakukan oleh Disney dan Apple kepada pelanggannya.

Selain itu, pria bertubuh tambun ini juga memaparkan bahwa dirinya tidak memberikan banyak aturan pada seluruh member, terutama dalam segi musikalitas.

"Saya berjanji pada mereka (member BTS) sedari awal, mereka bebas dalam bermusik," imbuhnya.

Keunikan BTS, kata Si Hyuk, bisa jadi berasal dari kebebasan tersebut.  

Perbedaan lain BTS dengan grup musik K-Pop lainnya tak bisa dimungkiri adalah masing-masing member diizinkan menggarap proyek musik pribadi di luar album dan aktivitas sebagai grup.

Foto: Twitter/xCeleste___ ·


Oleh karena itu, RM, J-Hope, dan SUGA mudah untuk membuat mixtape dengan gaya musik sesuai selera masing-masing tanpa banyak prosedur dari agensi. Kemewahan ini tidak bisa dinikmati oleh rekan idola K-Pop BTS lainnya yang terikat aturan ketat dengan agensi. 

Bahkan, member lainnya pun acap kali merilis single solo yang dibagikan secara gratis untuk penggemar.

"Kami memang membentuk tim, tetapi kami sadar tentu saja anggota tim adalah individu yang berbeda dan memiliki identitas masing-masing. Jadi, kami mendukung mereka mengeluarkan mixtape untuk memungkinkan mereka mengekspresikan diri yang tidak bisa dilakukan di grup," paparnya.

[Gambas:Video Insertlive]

(des/des)
KOMENTAR
POPULER