Dihina Kuliah di Kampus Murah, Wanita Ini Kini Sukses Jadi Pengusaha

agn | Insertlive
Senin, 19 Dec 2022 13:30 WIB
Ilustrasi wanita pegang uang
Jakarta, Insertlive -

Perjalanan hidup wanita ini mendadak disorot publik. Pasalnya ia hampir menyerah melanjutkan sekolahnya karena keterbatasan biaya.

Ia juga sempat mendapatkan komentar pedas lantaran kuliah di kampus yang murah. Kesulitan juga dirasakan wanita bernama Linda itu kala ia harus tetap bekerja di tengah kesibukan kuliahnya.

"Saat SMP hampir putus sekolah karena tidak punya biaya. Alhamdulillah bisa sampai SMA. Lulus SMA bekerja di pasar sebagai pelayan toko. 8 bulan kemudian mencoba melamar di pabrik kayu dan jadi karyawan perempuan satu-satunya. Dpat uang dari hasil kerja mencoba daftar kuliah," tulis akun TikTok @lindaanissafillah1.


"Masuk ke kampus paling ekonomis karena sesuai biaya yang aku mampu. Sambil kuliah tetap jualan bawa plastik kresek kemana-mana isi baju kerudung dll. Kalau capek atau jam kosong gak bisa pulang gak ada ongkos jadi terdampar di masjid. Masjid kayak rumah kedua bagiku," jelas Linda.

Bersekolah di kampus dengan biaya yang tidak terlalu besar, Linda kerap direndahkan oleh banyak orang. Namun, hal itu tidak mematahkan semangatnya untuk tetap terus bekerja keras.

"Jadi aku dulu pernah dihina karena kampusnya kecil dan biayanya murah. Aku lebih ke tidak peduli sih dengan komentar orang-orang karena fokus aku kuliah untuk belajar dan cari pengalaman juga bisa bertemu banyak orang di kampus," kata Linda mengutip Wolipop pada Senin (13/12).

Usai lulus, Linda pun memberanikan diri untuk terjun ke dunia bisnis. Dengan modal terbatas, ia mencoba untuk menjadi reseller baju Muslim.

"2012 mulai berani stok sendiri tapi karena kalah sama persaingan modal, aku nggak bisa stok banyak. Beralih ke jual printilan rumah yang terbuat dari besi. Sempat diliput koran juga. Karena ada masalah bahan baku dan tenaga pengrajin usaha besi juga berhenti, memulai bisnis skincare pun gagal," ucapnya.

Kini Linda sudah konsisten menggeluti dunia bisnis dengan menjual busana wanita lokal dan import dengan modal awal Rp5 juta.

Dihina Kuliah di Kampus Murah, Wanita Ini Kini Sukses Jadi PengusahaDihina Kuliah di Kampus Murah, Wanita Ini Kini Sukses Jadi Pengusaha/ Foto: TikTok

Kegigihan dan kerja keras yang dilakukan Linda membuahkan hasil hingga dirinya mampu membeli mobil dan melakukan renovasi rumah.

"Awal menikah 2014 kami belum punya rumah, sempat ambil KPR tapi tidak di izinkan oleh Ayah mertua. Akhirnya beliau membeli rumah untuk ditempati kami, tapi karena rumahnya banyak yang rusak dan bocor aku yang renovasi semua dengan uang hasil usaha," kata Linda terharu.

"Dulu nggak kebayang bisa beli mobil jangankan mobil beli sepeda pun nggak bisa kalau ambil barang dagangan aku dengan suami naik motor sambil hujan-hujanan kadang kehujanan bertiga sama anak," tambahnya.

(agn/fik)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER