Viral Video Bayi Usia 2 Bulan Diberi Makan Pisang, Begini Menurut Pakar

Insertlive | Insertlive
Jumat, 16 Sep 2022 21:10 WIB
Happy mother spoon feeding her baby child in nursery
Jakarta, Insertlive -

Belum lama ini, beredar di media sosial video seorang ibu memberikan buah pisang untuk anaknyaĀ yang masih berusia dua bulan.

Dalam video tersebut, sang ibu tampak begitu bangga bahwa bayinya baik-baik saja meski memakan buah pisang.

"Kata orang bayi belom genap 6bulan jangan dikasih makan dulu..??" tulis seorang ibu dalam video yang beredar di media sosial.


"Alhamdulillah anakku sehat2 aja makan pisang dari usia 2bulan sudah makan pisang," sambungnya.

Video tersebut sontak mengundang amarah warganet. Pasalnya, bayi di bawah usia 6 bulan diketahui belum boleh mengonsumsi makanan dan minuman selain air susu ibu (ASI).

"Salah satu fungsi kenapa seorang ibu harus smart,jgn hape doank yg smart bu," tulis @nov***.

"Pinternyaaaa si ibukkkk šŸ˜...dah nyuapin anaknya dibawah umur posisi tiduran pula....," tulis @dya***

[Gambas:Instagram]



World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian makanan pendampingĀ ASI atau MPASI hanya untuk bayi yang sudah berusia enam bulan.

Mengutip laman Halodoc, bayi dengan usia 0 sampai 5 bulan belum memiliki sistem metabolisme tubuh yang stabil. Sehingga pemberian MPASI pada bayi di bawah enam bulan dapat membahayakan kesehatannya, terutama pada pencernaan, seperti diare, muntah-muntah, hingga gizi buruk.

Sayangnya, kasus seperti ini marak terjadi karena tidak semua ibu memiliki pemahaman akan MPASI. Sebelumnya, pernah viral juga kejadian bayi belum genap dua bulan meninggal dunia setelah memakan pisang dan susu.

Insiden tersebut terungkap lewat unggahan yang beredar di Facebook. Unggahan tersebut menceritakan ada seorang bayi memakan pisang yang diberikan oleh neneknya. Lalu, terjadi masalah pada lambung bayi tersebut hingga harus menjalani operasi.

Setelah melakukan operasi, dokter menyarankan agar pihak keluarga tidak memberikan bayi tersebut susu formula. Namun, lagi-lagi sang nenek memberikan susu formula karena mengira cucunya menangis kelaparan. Selang beberapa jam, sang bayi dinyatakan meninggal dunia.

Oleh karena itu, perlu diingat bahwa bayi di bawah usia enam bulan hanya dapat mencerna ASI. Berikanlah makanan lain atau MPASI pada bayi yang sudah berusia enam bulan karena tubuhnya sudah siap menerima dan mencerna makanan.

(KHS/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER