VIRAL

Pria Ini Temukan Muntahan Paus Seharga Rp19 Miliar di Thailand

Insertlive | Insertlive
Selasa, 02 Aug 2022 14:19 WIB
Tajir Mendadak! Nelayan Ini Temukan Muntahan Paus Senilai Rp 17,7 M
Jakarta, Insertlive -

Seorang nelayan bernama Narong Phetcharaj menemukan bongkahan seberat 30 kilogram di salah satu pantai di Thailand.

Narong kemudian membawa bongkahan tersebut ke para ahli di Universitas Prince of Songkla. Mereka berhasil mengindentifikasi bongkahan itu adalah ambergris atau muntahan paus.

The Sun melaporkan bahwa muntahan paus tersebut bernilai lebih dari 1 juta poundsterling atau setara dengan Rp19 miliar.


Ambergris sendiri merupakan zat yang tidak dapat dicerna oleh paus sperma atau Physeter macrocephalus dan akhirnya dimuntahkan lalu mengapung di permukaan laut.

Muntahan paus ini kerap disebut sebagai harta karun laut karena harganya yang selangit. Bahkan, Narong ingin menjualnya untuk meraup keuntungan.

"Tidak ada penduduk desa yang pernah melihat atau menyentuh ambergris paus asli sebelumnya. Saya berencana menjual ambergris karena saya telah menerima sertifikat untuk membuktikan bahwa itu asli," kata Narong.



Melansir National Geographic, ambergris dapat bernilai sangat tinggi karena memiliki peran penting dalam industri wewangian. Muntahan paus ini merupakan bahan langka yang digunakan sebagai bahan untuk parfum.

Ambergris memiliki aroma khas yang menyerupai bau feses. Namun, setelah melalui proses pengeringan, ambergris akan mengeluarkan aroma wangi yang disebut musky.

Alkohol tak berbau atau ambrein dari ambergris diektraksiĀ digunakan sebagai aroma parfum yang dapat bertahan lebih lama.

Para pembuat parfum juga telah membuat kategori untuk kualitas ambergris berdasarkan warna. Ambergris putih menjadi varietas terbaik, sedangkan ambergris hitam menjadi jenis paling rendah karena mengandung ambrein paling sedikit.

(KHS/fik)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER