Waduh, Mi Instan Indonesia Dilarang Masuk Taiwan Gara-gara Pestisida

Dini Astari | Insertlive
Rabu, 06 Jul 2022 19:10 WIB
Ilustrasi mi instan
Jakarta, Insertlive -

Produk Mie Sedaap yang merupakan mi instan asal Indonesia dilarang masuk ke Taiwan oleh otoritas bea cukai setempat.

Menurut keterangan yang disampaikan Taiwan Food and Drug Administration (FDA), alasan diblokirnya produk tersebut karena mengandung kelebihan residu pestisida. Selain produk Indonesia, mi asal Filipina dan Jepang juga dicekal.

Dikutip dari Focustaiwan, pengiriman mi instan yang mengalami pencekalan tersebut sebanyak 4.4047 kilogram ada Mie Sedaap Cup dan 327 kilogram Lucky Me Cup dari Filipina, kedua merek ini sama-sama diimpor oleh Elom Group Company.


Bea Cukai juga menolak 56,96 kilogram mi cup merek Acecook dari Jepang yang diimpor Zhong Xin International Development Co. FDA mengatakan bahwa semua produk yang dicekal di bawah standar akan dikembalikan atau dihancurkan.

Selain mi, makanan di bawah standar lainnya yang ditolak bea cukai adalah Best Camellia Oil dari China dan kantong teh Queen Victoria dari Australia.

Melihat banyaknya pengiriman mi instan yang terkontaminasi dari Indonesia, FDA mengatakan petugas bea cukai akan meningkatkan persentase impor yang diperiksa dari 5-10% menjadi sekitar 20%.

Sebelumnya pada 2010 lalu Taiwan juga pernah mencekal produk mi asal Indonesia beredar di negara mereka.

Pencekalan tersebut dilakukan lantaran produk diekspor tanpa melalui jalur resmi alias ilegal. Lantaran produk-produk tersebut tidak terdata di FDA kualitasnya tidak bisa memenuhi standar makanan di Taiwan.

(dia/fik)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER