Google Luncurkan Tool Latihan Wawancara Kerja Biar 'Stand Out' Depan HRD

INSERTLIVE | Insertlive
Senin, 20 Jun 2022 15:10 WIB
Interview Warmup
Jakarta, Insertlive -

Perusahaan Google baru meluncurkan alat persiapan wawancara kerja berbasis kecerdasan buatan yang disebut Interview Warmup.

Interview Warmup bertenaga AI (Artificial Intelligence) yang mampu membuat para pengguna melatih kemampuan diri menghadapi wawancara kerja dan secara real-time.

Melansir Huffpost, Interview Warmup akan memudahkan setiap orang dalam menjawab seputar wawancara kerja agar bisa lebih percaya diri dan nyaman.


Dalam Interview Warmup, tersedia beberapa jenis pekerjaan guna membantu memfokuskan beberapa pertanyaan wawancara yang kemungkinan akan dilontarkan.

Misalnya, ketika para pengguna akan melakukan tes wawancara kerja di bidang Analisis Data, maka Interview Warmup akan memunculkan beberapa pertanyaan umum dan memberikan umpan balik atas setiap jawaban.

Jawaban itu akan ditranskrip berupa kata-kata dan akan ditunjukkan mana jawaban yang diulangi lebih dari tiga kali serta sinonim yang disarankan.

Selain itu, jawaban dari setiap pertanyaan itu akan diidentifikasi apakah sesuai dengan pekerjaan yang dilamar atau tidak.

Google menggambarkan Interview Warmup sebagai zona bebas penilaian bagi siapapun yang ingin berlatih wawancara.

Jangan khawatir, Google tak akan menyimpan audio serta transkrip.

Adapun manfaat besar dari Interview Warmup ini bisa membuat para penggunanya berlatih wawancara sebanyak dan sesering apapun.

Interview WarmupInterview Warmup/ Foto: Google

"Siapapun bisa berlatih beberapa kali dan kapanpun," kata Steve McDonald, sosiolog Universitas Negeri Carolina Utara.

"Alat AI yang tertanam dalam Interview Warmup berfokus pada konten linguistik serta tata bahasa. Menariknya poin pembicaraan tersebut berfokus pada wawancara kerja," sambungnya.

Namun, Interview Warmup dikatakan tak bisa memprediksi sejauh mana tingkat kepercayaan diri seseorang lewat jawaban tersebut.

"Sebuah alat tak bisa memberitahu soal kepercayaan diri yang terdengar dari jawaban yang dilontarkan. Kalian mungkin bisa memiliki jawaban terbaik tapi penyampaian yang salah juga bisa menjadi masalah dalam wawancara," beber Mia William, pelatih wawancara kerja.

Sejatinya, Interview Warmup hanya membantu seseorang menemukan jawaban yang tepat dalam setiap pekerjaan yang dilamar.

(dis/syf)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER