Ahli Dermatologis Ungkap Manfaat Linoleic Acid untuk Kulit Wajah

naa | Insertlive
Senin, 20 Jun 2022 14:10 WIB
woman's hand touching on the cream for applying Ahli Dermatologis Ungkap Manfaat Linoleic Acid Untuk Kulit Wajah/Foto: iStock
Jakarta, Insertlive -

Kulit yang rentan berjerawat menjadi hal yang kerap mengganggu penampilan wajah.

Namun tak perlu khawatir, masalah ini bisa teratasi jika kamu paham tentang kondisi dan kebutuhan kulit diri sendiri.

Kulit yang rentan dengan jerawat biasanya terjadi pada mereka dengan kulit berminyak.


Kondisi ini disebabkan oleh hal yang sama yaitu sebum yang berlebih. Sebum adalah minyak yang diproduksi alami oleh wajah.

"Sebum sangat menentukan kesehatan kulit anda," kata Dr Ramachandra yang dikutip dari shape pada Senin (20/6).

Beautiful young asian woman looking the mirror and touch face is a acne, zit treatment, beauty girl problem beauty and skin with wrinkled on facial in the room at home, makeup and cosmetic concept.Beautiful young asian woman looking the mirror and touch face is a acne, zit treatment, beauty girl problem beauty and skin with wrinkled on facial in the room at home, makeup and cosmetic concept./ Foto: Getty Images/iStockphoto/narith_2527

Selain memperhatikan sebum, pemilihan skin care yang tepat bisa membantu mengatasi beberapa masalah wajah khususnya jerawat.

Skin care yang mengandung linoleic acid dikenal mampu mengatasi beberapa masalah wajah seperti meringankan jerawat, membantu melembakan wajah dan memperbaiki skin barrier kulit. 

Kandungan tersebut ada dalam sebum yang ikut mempengaruhi rendahnya kadar ceramide yang akan menjadi penghalang kulit yang menyebabkan jerawat muncul.

Linoleic acid sendiri merupakan asam lemak esensial yang digunakan kelenjar sebaceous untuk memproduksi sebum normal yang dapat menenangkan wajah.

Jika tubuh tidak memproduksi linoleic acid yang cukup, beberapa dampak pun akan muncul seperti mulai dari kekeringan pada kulit hingga kulit jadi rentan berjerawat.

"Tingkat asam linoleat dalam sebum yang lebih rendah dari biasanya," jelas Joshua Zeichner, M.D., dokter kulit yang bersertifikat berbasis di Amerika Serikat.

woman's hand touching on the cream for applyingwoman's hand touching on the cream for applying/ Foto: iStock

Penelitian telah menunjukkan bahwa linoleic acid adalah zat yang mempertahankan kelembaban dan melindungi kulit dari iritasi.

"Karena emoliennya, linoleic acid memiliki manfaat menghidrasi, melembutkan dan melindungi," ungkap Dr Zeichner.

"Linoleic acid benar-benar bahan ajaib untuk kulit anda," tambah Dr Ramachandra.

Meski linoleic acid bisa mengatasi berbagai masalah dan tergolong cocok untuk berbagai jenis kulit, kandungan ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Salah satunya tidak memiliki masa berlaku yang lama. Hanya bisa bertahan sekitar 3-6 bulan.

(naa/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER