Kamu Harus Makan Pisang Saat Dilanda Galau, Ini Penjelasannya

ARM | Insertlive
Kamis, 28 Apr 2022 18:10 WIB
Close-up of two ripe banana (Musa sp) fruits over the wooden background.
Jakarta, Insertlive -

Perasaan gundah gulana atau lebih tren dengan ungkapan galau bisa menghampiri siapa pun dan dalam keadaan apapun.

Galau merupakan kondisi yang dialami seseorang kala dilanda kebingungan atau kala dihadapkan pada sebuah masalah.

Selain dapat mengganggu aktivitas yang harus dilakukan, galau juga bisa berakibat pada stres dan depresi jika tidak segera diatasi.


Tidak perlu repot, ternyata ada makanan alami yang dipercaya bisa meredakan perasaan galau.

Sebuah studi di Amerika mengungkapkan bahwa buah pisang bisa membantu seseorang dalam meredakan perasaan galau, terlebih kepanikan karena pandemi.

"Karena keadaan dunia saat ini, banyak orang mengalami masalah dengan stres, kecemasan, depresi, kelelahan, kabut otak, dan sulit tidur," kata dokter Shawn Talbott, PhD, ahli biokimia nutrisi, dikutip dari The Healthy.

Shawn Talbott mengungkapkan bahwa pisang berfungsi sebagai penambah suasana hati yang substansial.

Alasan utama mengapa pisang bisa menjadi makanan untuk penambah suasana hati terbaik karena satu pisang mengandung 20 persen dari kebutuhan vitamin B6 harian yang kamu perlukan.

Vitamin ini secara ilmiah terbukti mengurangi gejala depresi dan kecemasan, sindrom pramenstruasi (PMS) pada wanita, memperbaiki efek stres, dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

Vitamin B6 memproduksi serotonin, neurotransmitter otak yang kuat yang dijuluki 'hormon bahagia'.

Shawn Talbott menambahkan bahwa pisang juga tinggi serat prebiotik dan potasium, nutrisi lain yang terkait dengan suasana hati yang baik.

"Vitamin, termasuk B6, adalah salah satu cara untuk membantu mendukung tubuh dan pikiran kamu dalam menghadapi semua itu," katanya.

Dia menyarankan untuk mengonsumsi makanan utuh seperti pisang bersama dengan kacang-kacangan, salmon, sayuran berdaun gelap, telur, dan susu.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, orang yang mengonsumsi makanan tinggi kalium menunjukkan lebih sedikit gejala depresi dan suasana hati yang lebih baik secara keseluruhan.

(arm/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER