Upaya Jennifer Aniston Sembuh dari Gangguan Tidur Berjalan & Insomnia

Insertlive | Insertlive
Kamis, 28 Apr 2022 11:30 WIB
Jennifer Aniston
Jakarta, Insertlive -

Jennifer Aniston menjadi salah satu artis yang membeberkan bahwa dirinya memiliki sejumlah gangguan tidur, yaitu insomnia, tidur berjalan, dan kecemasan tidur.

Aktris berusia 53 tahun itu mengaku pertama kali mengalami gangguan tidur pada usia 30an. Dia pun membagikan pengalamannya melawan hingga sembuh dari gangguan tidur tersebut.

"Aku pikir itu bermula suatu saat di usia 30an atau bahkan lebih awal," ungkap Jennifer Aniston seperti dikutip People.


"Itu (gangguan tidur) terjadi sebagai sesuatu yang bisa aku terima, dan kemudian, tiba-tiba kamu menyadari efek dari kurang tidur dan bagaimana hal itu mempengaruhi harimu dan pekerjaanmu, serta fungsi pikiran dan fisik kamu," ujarnya.

Pada awalnya, Jennifer mengalami kecemasan tidur di mana ia sulit untuk tidur dan terus-menerus menghitung berapa jam telah berlalu. Dia pun merasa cemas dan ketika dia merasa makin khawatir, ia semakin sulit untuk tertidur.

Seiring dengan kecemasan tidur, ia memiliki kebiasaan tidur sambil berjalan yang muncul saat dirinya kurang tidur.

Bintang serial Friends itu tidak mencari bantuan profesional hingga ia menyadari beberapa aspek lain dalam hidupnya ikut terganggu oleh gangguan tidur tersebut.

"Kamu tidak bisa benar-benar berolahraga dan kamu tidak bisa makan dengan benar jika tidak tidur nyenyak karena jam tubuh kamu benar-benar hilang," katanya.

Mengutip Cleveland Clinic, efek yang terjadi jika seseorang kekurangan tidur adalah kurangnya kewaspadaan, terjadi gangguan memori, perubahan suasana hati, dan rasa kantuk yang berlebih pada siang hari.

Lebih lanjut, kurang tidur akan berdampak serius pada kesehatan, seperti darah tinggi, diabetes, depresi, hingga gagal jantung. Oleh karena itu, penting untuk melakukan konsultasi dengan ahli jika mengalami gangguan tidur.

Jennifer juga mengupayakan berbagai cara untuk mengembalikan pola tidurnya, seperti bermeditasi, yoga, dan menerapkan waktu tidur yang sama setiap harinya. 

Baca halaman selanjutnya.

(KHS/syf)
1 / 2
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER