Makan Enak Saat Lebaran tapi Takut Berat Badan Naik? Ini Tipsnya

YOA | Insertlive
Kamis, 28 Apr 2022 13:20 WIB
Cara Menghangatkan Opor Ayam dan Rendang Sisa Lebaran Agar Aman Dikonsumsi
Jakarta, Insertlive -

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tak lepas dari makanan-makanan enak seperti olahan daging dan kue-kue manis. Namun, jika mengonsumsi makanan-makanan tersebut terlalu banyak, berat badan kemungkinan akan bertambah.

Lantas bagaimana cara agar berat badan tak bertambah saat makan enak di hari Lebaran? Simak deretan tipsnya di bawah ini.

Hitung Jumlah Kalori

Berat badan bertambah sebenarnya bukan karena jenis makanan yang kita makan, tapi dari jumlah kalorinya.


Agar berat badan tetap stabil, kalian hanya perlu menyantap makanan-makanan tertentu dengan porsi yang disesuaikan dengan jumlah kalori harian kita masing-masing.

Perbanyak Minum Air Putih

Berbagai penelitiĀ mengungkapkan bahwa memperbanyak minum air putih sangat ampuh untuk menekan rasa lapar dan nafsu makan berlebih.

Jadi, dengan memperbanyak air putih, kita bisa tetap mencoba makanan Lebaran tanpa terlalu banyak.

Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga ringan seperti jogging merupakan cara sederhana untuk membakar lemak di dalam tubuh.

Setelah seharian memakan hidangan Lebaran, ada baiknya berolahraga di sore hari agar makanan yang masuk tidak tertimbun menjadi lemak. Bagi yang tidak terbiasa berolahraga, bisa menggantinya dengan memperbanyak aktivitas gerak lainnya.

Tidur yang Cukup

Rasa lapar bisa menurun jika pola tidur stabil atau cukup. Orang dengan waktu tidur yang kurang biasanya lebih mudah lapar.

Oleh karena itu, kita perlu mengontrol waktu tidur agar tetap ideal. Jika sudah memiliki kebiasaan tidur yang baik, kita tidak akan mudah lapar dan nafsu ketika ada makanan di depan mata.

(yoa/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER