5 Kiat Atasi Permasalahan Kulit yang Bikin Wanita Nggak Percaya Diri

Insertlive
Selasa, 09 Nov 2021 17:30 WIB
Hardware cosmetology. Cosmetologist doing procedure of ultrasonic cleaning of face. Young woman getting ultrasonic peeling in beauty salon. Cosmetological clinic. Healthcare, clinic, cosmetology

Gatal tanpa adanya ruam pada kulit

Keadaan ini dapat terjadi karena terlalu sering mencuci wajah dengan produk berbusa yang mengandung sodium laureth sulfat (SLS) sehingga menyebabkan gatal.

Cara mengatasinya, kamu bisa mengurangi penggunaan SLS atau mengurangi kontak langsung dengan produk yang mengandung SLS. Jika ternyata bukan disebabkan oleh SLS, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter kulit dan mintalah untuk menguji kadar zat besi kamu karena kulit gatal dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Kulit keras dan kering di kaki


Dr. Williams mengatakan pada Woman’s Weekly bahwa kulit kering dan keras di kaki bisa jadi sebuah kalus atau kutil yang lebih dikenal dengan kapalan. Kondisi seperti ini disebabkan oleh gesekan dari sepatu yang tidak pas dan merupakan sebuah upaya dari tubuh untuk melindungi kulit agar tidak melepuh.

Selain itu, veruka (verucca) yang terlihat serupa dengan kalus, namun pada veruka terdapat bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh virus.

Sebelum mengatasinya, kita perlu tahu apakah itu jenis kapalan atau veruka. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter kulit.

2 / 2
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER