5 Kiat Atasi Permasalahan Kulit yang Bikin Wanita Nggak Percaya Diri

- INSERTLIVE
Selasa, 09 Nov 2021 17:30 WIB
Young woman applying sunscreen on her face in snowy mountains in winter, in Sierra Nevada, Granada, Spain. Female wearing winter clothes.
Jakarta, Insertlive -

Jika dihadapkan dengan permasalahan kulit seperti peradangan, gatal, ruam, dan jerawat, wanita bisa jadi tidak percaya diri. 

Wanita memang lebih rentan mengalami masalah kulit. Lalu, masalah yang dihadapi juga bervariasi mulai dari gejala dan tingkat keparahan. 

Konsutan dermatologis Dr Anthony Bewly dari Whipps Cross dan St. Barts NHS Trust mengatakan bahwa untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dalam perawatan kulit, seseorang perlu tahu kondisi kulit dan permasalahannya. 


Berikut ini beberapa masalah kecantikan kulit yang paling sering dialami banyak wanita dan cara-cara penanggulangannya: 

Kulit kering, bersisik, dan merah

Dr. Bewley mengatakan ciri-ciri tersebut mengacu pada psoriasis, terutama jika terjadi pada siku atau lutut. Psoriasis merupakan kondisi pergantian sel-sel kulit yang cepat dari seharusnya, sehingga sel-sel baru diproduksi pada beberapa hari bukan beberapa minggu. Keadaan kulit seperti ini dapat diperburuk dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol, serta bisa semakin parah saat stres. 

Cara mengatasinya dapat menggunakan pelembab, krim anti-inflamasi, dan resep dari dokter. 

Kulit memerah, pecah-pecah dan gatal

Ciri-ciri ini menandakan terjadinya eksim jika sangat gatal dan berair, sering terjadi pada lipatan siku dan belakang lutut. Umumnya, dipicu oleh stres dan alergi. Pewarna rambut dan cat kuku juga bisa mengandung bahan yang menyebabkan reaksi alergi.

Jika eksim terjadi pada wajah, itu dapat disebabkan karena kamu menyentuh wajah dengan kuku yang dicat.

Cara mengatasinya dapat menggunakan krim anti-inflamasi yang disarankan oleh apoteker atau dengan konsumsi obat antihistamin. Namun, jika tidak kunjung membaik, lebih baik lakukan konsultasi pada dokter kulit.

Kulit bintik-bintik

Bintik pada kulit perlu diwaspadai, terlebih jika ukuran bintik terus bertambah besar. Menurut DR. Joana Gach seorang konsultan dermatologis di Spire Parkway Hospital, Solihull bintik di kulit yang membesar bisa menjadi bentuk kanker kulit yang disebut lentingo maligna. Jika mengalami hal ini sebaiknya kamu periksakan ke dokter kulit.

(CHAIRUNNISA SALSABILA/syf)
1 / 2
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER