Ternyata, Kelelawar Sumber Virus Corona Jaga Jarak Saat Sakit

SYF - INSERTLIVE
Senin, 09 Nov 2020 14:36 WIB
-
Jakarta, Insertlive -

Kelelawar merupakan salah satu hewan mamalia yang memiliki kemampuan terbang dan merupakan sumber berbagai virus dan penyakit, salah satunya adalah virus corona.

Tim peneliti, seperti dipaparkan Science Alert, mengungkapkan bahwa ketika kelelawar merasa sakit mereka secara natural memperlihatkan perubahan perilaku menjadi kurang sosial dan cenderung mengambil jarak.

Kesimpulan tersebut diperoleh peneliti melalui studi pada sekelompok kelelawar vampir (Desmodus Rotundus) liar dari koloni di Lamanai, Belize, Amerika Tengah.


Peneliti menginjeksi zat pada kelelawar yang berfungsi untuk memicu sistem kekebalan pada 16 kelelawar betina yang dipilih secara acak. Kelompok kelelawar tersebut memperlihatkan gejala mual selama beberapa jam tetapi tidak menyebabkan penyakit nyata.

Kemudian, peneliti menyuntikkan air asin sebagai placebo pada 15 kelelawar lainnya. Lalu, tim peneliti memasang sensor kecil dan menempelkannya pada punggung kelelawar untuk melacak perilaku sosial kelelawar secara berkala setiap hari.

"Kami berkonsentrasi pada tiga jenis perilaku kelelawar sakit, berapa banyak kelelawar lain yang mereka temui, berapa total waktu yang mereka habiskan dengan kelelawar lain dan seberapa sering mereka terhubungan dengan kawawan," jelas Gerald Carter, seorang ahli ekologi perilaku dari The Ohio State University.

Hasil penelitian menyebutkan kelelawar yang sedang sakit memperlihatkan perubahan perilaku, mereka menjadi lebih menjaga jarak dengan kelelawar lain yang lebih sehat.

"Efeknya terlihat sangat jelas, bahkan tanpa analisis yang rumit," ungkap Simon Ripperger, peneliti kelelawar dari The Ohio State University.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Behavioral Ecology ini membeberkan kelelawar sakit melakukan kontak empat kali lebih sedikit dalam waktu enam jam dibandingkan kelelawar dalam kondisi sehat.

Terakhir, peneliti menuliskan kelelawar yang sakit juga menghabiskan waktu lebih sedikit dengan masing-masing pasangan.

Virus corona yang berasal dari Wuhan, China, merupakan penyakit yang berasal dari transfer virus antara kelelawar dan manusia.

Indonesia masih bertarung untuk memutuskan rantai penularan virus corona Covid-19 hingga sekarang. 

Pemerintah pun telah mengerahkan berbagai upaya konkret untuk mewujudkan Tanah Air bebas Covid-19, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Selain itu, semua warga Indonesia juga diimbau untuk menjaga diri dari kerumunan dan menerapkah gaya hidup sehat.

(syf/syf)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER