Pernah Dipakai Mahatma Gandhi, Kacamata Ini Laku Dilelang Rp5 M

nap - INSERTLIVE
Rabu, 26 Aug 2020 14:50 WIB
jar of honey with honeycomb on wooden table
Jakarta, Insertlive -

Mahatma Gandhi adalah salah satu tokoh penting dalam Kemerdekaan India. Tokoh yang menjadi panutan ini, identik tampil di publik dengan kain putih yang melilit tubuhnya serta kacamata yang menghiasi wajahnya. 

Kacamata yang dikenakan Mahatma Gandhi ini dilelang di East Bristol Auction, Inggris. Kacamata berbingkai emas yang sering digunakan Mahatma Gandhi ini laku senilai £260 ribu atau sekitar Rp5 miliar. Padahal, sebelumnya kacamata tersebut diperkirakan hanya senilai £15 ribu atau setara dengan Rp288 juta.

Momen pelelangan kacamata milik Mahatma Gandhi ini, juga diunggah ke dalam sebuah video di Instagram. Kacamata itu dibeli seorang kolektor asal Amerika usai melakukan prosesi penawaran selama 6 menit pada Jumat (21/8) lalu.


[Gambas:Instagram]


Juru lelang East Bristol Auction, Andrew Stowe menyebutkan bahwa kacamata itu adalah temuan penting. Kacamata ini ditemukan dalam kotak surat mereka beberapa minggu yang lalu. Dalam paket tersebut dituliskan bahwa barang itu adalah kacamata Mahatma Gandhi.

Dikatakan pemilik kacamata sebelumnya adalah seorang pria paruh baya. Pria itu mengaku akan membagi uang hasil lelang tersebut dengan putrinya. Kemungkinan, pria tua asal Inggris ini mendapatkan kacamata tersebut karena diberikan langsung oleh Mahatma Gandhi.

"Kacamata ini mungkin adalah salah satu kacamata yang ia pakai karena resep lensanya cukup ringan. Ia (Gandhi) terkenal kerap membagikan barang kepunyaannya," ujar Stowe.

[Gambas:Video Insertlive]



(nap/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER