Warga Indonesia Geram Batik 'Diklaim' China sebagai Seni Tradisional

SYF - INSERTLIVE
Senin, 13 Jul 2020 12:56 WIB
Pembatik dari Lasem.
Jakarta, Insertlive -

Akun Twitter salah satu media China @XHNews atau China Xinhua News mengunggah sebuah video yang memperlihatkan proses pembuatan batik.

Mereka menuliskan bahwa batik merupakan salah satu kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China.

"Batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China. Menggunakan lelehan lilin dan spatula, orang (perajin) mewarnai kain dan memanaskannya untuk menghilangkan sisa lilin. Simak bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern," tulis @XHNews pada hari Minggu (12/7).


Unggahan tersebut segera mendapatkan reaksi negatif dari warga Indonesia yang mengikuti akun @XHNews.

Kebanyakan warganet merasa geram karena China seolah mengklaim bahwa Batik merupakan warisan budaya leluhur mereka.

Sejumlah warganet mengomentari dengan tegas bahwa Batik milik Indonesia dan sudah diakui oleh UNESCO.

Namun, beberapa warganet mengingatkan bahwa yang Batik yang dimaksud akun @XHNews bisa jadi adalah kerajinan Batik asal China.

Sebab, memang ada beberapa daerah di China memiliki kerajinan Batik.



Berdasarkan pantauan InsertLive, banyak orang Indonesia yang menuliskan berbagai komentar pedas.

"Batik is taken from Javanese 'ambatik' means to mark with spots or dots. Be a country with pride, not just copied and claims other nation's properties. (Batik diambil dari budaya Jawa ambatik, artinya menuliskan atau menerakan malam pada kain. Jadilah negara yang bangga, jangan hanya menyontek dan klaim properti negara lain)," tulis @KikiNmaKecilku.

"Kayanya ini komentar yang paling cerdas deh.. Maksudku, Cina memang peradaban besae yang lebih ada dulu daripada Indonesia. Pelelehan lilin itu mungkin metode dari Cina. Tapi menggambar pola pada kain, pewarnaan, dll tentu itu semua yang dimaksudkan "BATIK" asli Indonesia," tulis WJSamudro.

"why using the word of batik instead of china original word huh? (mengapa menggunakan kata Batik daripada istilah original China?)," tulis @tadinyarindu.

"First thing first,, u called it "Batik", My question: Is Batik a Chinese language or Bahasa / Melayu?? . . Let's start from there. (Hal pertama, Anda menyebutnya Batik. Pertanyaan saya, apakah Batik bahasa China atau Indonesia/Melayu), coba mulai jelaskan dari situ dulu)," tulis ZupHomeez.

"Covid 19 From China Batik From Indonesia," tulis @Stevaniehuangg.

(syf/syf)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER