7 Tips Penting Menghadapi New Normal Agar Tubuh Tetap Sehat

Yogi Alfian - INSERTLIVE
Senin, 08 Jun 2020 11:05 WIB
Ilustrasi New Normal
Jakarta, Insertlive -

Masyarakat Indonesia tengah menjalani kondisi baru atau New Normal di tengah pandemi COVID-19. Semua hal yang berkaitan dengan kegiatan di luar rumah kembali dilakukan.

Meski begitu, hal ini ternyata masih membawa kekhawatiran sendiri. Sebab, wabah COVID-19 di Indonesia sampai sejauh ini masih juga belum mereda.

Kita semua wajib menjaga kesehatan tubuh serta tetap melakukan social distancing sampai COVID-19 benar-benar menghilang dan kondisi kembali seperti semula.


Oleh karena itu, InsertLive sajikan 7 tips penting yang harus diperhatikan dalam menghadapi kondisi New Normal. Simak artikel ini sampai habis ya!

1. Selalu Gunakan Masker Setiap Keluar Rumah

an asian chinese female looking out from her balcony window with her face mask during the restricted movement order in malaysiaFoto: iStock

Sesuai saran dari Centers for Disease Control and Prevention, lembaga kesehatan AS, yang mengatakan bahwa kita perlu mengenakan masker kain di tempat umum. Dengan mengenakan masker, kita diharapkan dapat memperlambat dan mencegah penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya.

2. Kantongi Hand Sanitizer Setiap Berpergian

Hand SanitizerHand Sanitizer/ Foto: Istimewa

Kondisi New Normal membuat kita terpaksa akan lebih sering berada di luar rumah. Kita semua akan kembali bersentuhan dengan apa pun yang ada di sekitar.

Oleh karena itu, pastikan selalu mambawa hand sanitizer dengan kandungan 70 persen ke mana pun berpergian. Gunakan hand sanitinzer setelah beraktivitas atau setelah melakukan hal apa pun.

3. Bersihkan Tempat dengan Disinfektan

Penyemprotan disinfektan dilakukan di SDN 01 Tangerang, Provinsi Banten. Penyemprotan untuk mencegah virus corona ini dilakukan oleh PMI Kota Tangerang.Penyemprotan disinfektan dilakukan di SDN 01 Tangerang, Provinsi Banten. Penyemprotan untuk mencegah virus corona ini dilakukan oleh PMI Kota Tangerang./ Foto: Grandyos Zafna

Lakukanlah pembersihan tempat yang akan kita sentuh dengan disinfektan. Jangan biarkan kursi atau meja yang akan kamu singgahi dalam kondisi yang terawat, atau sering disentuh orang lain.

Sejauh ini, ada beberapa jenis disinfektan yang bisa kita gunakan. Pertama, alkohol berkadar 70 persen yang bisa disemprotkan ke permukaan barang-barang yang sering digunakan. Kedua, kita juga bisa menggunakan disinfektan lain, seperti yang dibuat menggunakan campuran larutan bayclin dan air.

4. Hindari Berkumpul di Keramaian

Pemkot Bekasi berencana merelaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah mal. Dengan kata lain, Pemkot mulai persiapan menyambut new normal.Pemkot Bekasi berencana merelaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah mal. Dengan kata lain, Pemkot mulai persiapan menyambut new normal./ Foto: Rifkianto Nugroho

Dari semua anjuran, ini merupakan yang paling penting. Hindarilah berkerumun di tempat ramai selama kondisi New Normal.

Ada baiknya bila kita tetap tidak melakukan hal ini, kecuali memang benar-benar perlu. Sebab, kita tidak pernah benar-benar mengetahui kondisi kesehatan orang yang kita temui.

5. Bawa Peralatan Pribadi

tempat makan inkatempat makan inka/ Foto: Instagram @inka.world

Apabila kamu pegawai kantoran yang akan menghabiskan waktu di tempat kerja, alangkah baiknya membawa kebutuhan pribadi dari rumah. Sementara ini, jangan menggunakan fasilitas publik yang biasa digunakan banyak orang.

Bawalah alat makan, tempat minum, dan peralatan lain yang kamu butuhkan. Hal ini harus sangat diperhatikan untuk mengurasi risiko terpapar virus.

6. Gunakan Metode Cashless untuk Berbelanja

Penerapan e-Tiketing Bus ke Bandara Soekarno HattaPerum Damri menggandeng Telkom memperkenalkan layanan e-Ticketing transportasi publik menuju Bandara Soekarno Hatta guna memudahkan masyarakat.Penerapan e-Tiketing Bus ke Bandara Soekarno HattaPerum Damri menggandeng Telkom memperkenalkan layanan e-Ticketing transportasi publik menuju Bandara Soekarno Hatta guna memudahkan masyarakat./ Foto: Rachman Haryanto

Dalam masa pandemi seperti ini, sebaiknya kita beralih ke metode cashless saat berbelanja. Sebisa mungkin, hindari menggunakan uang tunai, karena uang itu mungkin sudah dipegang oleh banyak orang.

Jika terpaksa harus menggunakan uang tunai, ingatlah untuk membersihkan tangan Anda dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh uang tersebut.

7. Jalani Pola Hidup Sehat

Olahraga Pakai MaskerOlahraga Pakai Masker/ Foto: iStock

Hal inilah yang sangat penting, kita semua harus menjalani pola hidup sehat di antaranya seperti menjaga pola tidur, konsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, hingga hindari stres.

Lalu jangan pernah lakukan aktivitas yang membuat tubuh terlalu lelah, karena dengan begitu, tubuh menjadi lebih mudah terpapar penyakit. Bila diperlukan, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin tertentu.

[Gambas:Video Insertlive]



(yoa/yoa)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER