Niat Puasa Sunah di Bulan Dzulhijjah

dis - INSERTLIVE
Kamis, 08 Aug 2019 09:59 WIB
Niat Puasa Sunah di Bulan Dzulhijjah
Jakarta, Insertlive - Pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah banyak amalan yang dapat dilakukan Umat Islam sebelum Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Minggu (11/8). Banyak kegiatan yang dilakukan umat Islam di antaranya adalah berpuasa. 

Puasa sunah tersebut dapat dilakukan di sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah, yakni dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah yang jatuh pada tanggal Jum'at (2/8) hingga Sabtu (10/8). Puasa sunah itu juga termasuk Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah.

Puasa Tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah yang jatuh pada Jum'at (9/8) dan Puasa Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijjah yang jatuh pada Sabtu (10/8).

Dikutip dari islami.co, Ibnu Abbas menjelaskan bahwa bulan Dzulhijjah ini merupakah hari penuh makna karena adanya berbagai peristiwa besar yang berhubungan pada perubahan kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Adapun tata cara melaksanakan puasa sunah sama layaknya menjalani puasa wajib di bulan Ramadan. Puasa sunah juga dimulai dengan niat, menahan hawa nafsu juga makan dan minum, dimulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari atau masuknya waktu Maghrib.

Niat puasa sunah di bulan Dzulhijjah dapat dilakukan di dalam hati dengan dilafalkan dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Arab.

"Niat kan tempatnya di hati. Saya berniat puasa sunah di bulan Dzulhijjah karena Allah," ujar ustaz KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (8/8).

Berikut lafalan niat lengkap puasa sunnah di bulan Dzulhijjah:

- Puasa Dzulhijjah yang dilakukan pada 1 hingga 7 Dzulhijjah yang dilaksanakan mulai hari Jum'at (2/8) hingga Kamis (8/8).

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

"Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala.

Saya berniat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah ta'ala."


- Puasa Tarwiyah yang dilakukan pada 8 Dzulhijjah yang jatuh pada hari Jum'at (9/8).

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

"Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala.

Saya berniat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta'ala."

- Puasa Arafah yang dilakukan pada 9 Dzulhijjah yang jatuh pada hari Sabtu (10/8).

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

"Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala.

Saya berniat puasa sunah Arafah karena Allah ta'ala."


(dis/fik)
KOMENTAR
POPULER