Survei Ungkap Hal yang Paling Bikin Wanita Indonesia Insecure, Apa Itu?

INSERTLIVE | Insertlive
Rabu, 25 Jan 2023 13:00 WIB
Ilustrasi wanita depresi Survei Ungkap Hal yang Paling Bikin Wanita Indonesia Insecure, Apa Itu?/Foto: Getty Images/Kannika Paison
Jakarta, Insertlive -

Perasaan insecurity masih membayangi kepercayaan diri wanita Indonesia. Tidak percaya diri atau tak pede kerap kali berkaitan dengan penampilan tubuh, baik itu bagian wajah maupun bagian tubuh lain.

Temuan ZAP Beauty Index (ZBI) 2023 menyebutkan permasalahan kulit wajah menduduki persentase nomor satu sebagai penyebab wanita Indonesia merasa insecure, lebih kurang 50.1% responden memiliki alasan tersebut. 

Menilik lebih dalam mengenai permasalahan kulit wajah yang dialami para wanita, kulit kusam berada di urutan teratas sebagai masalah yang paling dikeluhkan baik oleh Gen X, Millennials, dan Gen Z.


Persentasenya mencapai 57.6% dan lebih tinggi untuk wanita yang tidak melakukan perawatan di klinik kecantikan, yaitu 64.8%. Sementara itu, komedo dan pori-pori besar berada di peringkat berikutnya dengan persentase masing-masing sebesar 57.1% dan 51.0%.

ZAPZAP/ Foto: ZAP

Temuan tersebut menunjukkan pergeseran atas survei ZBI beberapa tahun terakhir yang menempatkan jerawat sebagai masalah kulit wajah utama.

Selain keluhan soal keluhan di atas, kerutan atau garis-garis halus juga turut menjadi concern para wanita Indonesia. Tak hanya menjadi momok para wanita dewasa, sebanyak 20.9% Gen Z di Indonesia juga telah mengeluhkan timbulnya kerutan.

Selain wajah, penampilan badan juga menyita perhatian para wanita. Berat badan, perut dan gigi menjadi sumber insecurity selanjutnya, dengan persentase masing-masing 44.9%, 39.7% dan 27.6%.

Standar yang tinggi terhadap penampilan mempengaruhi definisi cantik di mata para wanita Indonesia. Sebanyak 58,5% wanita merasa cantik ketika memiliki wajah yang bersih dan mulus, sedangkan 51.9% lainnya berpendapat bahwa arti cantik adalah memiliki kulit yang cerah dan glowing.

Selanjutnya, rambut juga sering menjadi aspek penampilan yang diprioritaskan oleh wanita Indonesia. Meskipun sebagian wanita Indonesia menggunakan hijab, banyak di antara mereka yang rupanya turut mengeluhkan permasalahan rambut serta kulit kepala.

Terkait hal ini, permasalahan yang paling dialami oleh para wanita Indonesia adalah rambut rontok (79.1%) dan kulit kepala berketombe (47.9%).

Meski keluhan soal wajah dan tubuh tinggi, ZBI 2023 mencatat awareness wanita Indonesia terhadap kandungan produk skincare meningkat tiga kali lipat jika dibandingkan 2019.

Para wanita rela memfokuskan budget perawatan diri untuk menemukan skincare dan treatment yang sesuai. Hal ini membuat mereka lebih peduli terhadap kandungan skincare. 

(dia/syf)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER