6 Kebiasaan Unik yang Dimiliki Orang IQ Tinggi

agn | Insertlive
Selasa, 17 Jan 2023 14:40 WIB
Ilustrasi anak-anak dengan IQ tinggi, mereka rata-rata memiliki IQ di atas Albert Einstein dan Stephen Hawking
Jakarta, Insertlive -

Enam kebiasaan unik ini ternyata dimiliki oleh orang-orang yang mempunyai IQ atau Intelligence Quotient tinggi.

Mengutip Wikipedia, IQ adalah skor total yang diperoleh dari serangkaian tes standar yang dirancang untuk menilai kecerdasan manusia.

Para peneliti pun menyebut mereka yang memiliki IQ tinggi biasanya memiliki enam kebiasaan unik tersebut. Apa saja kebiasaan itu? Simak beritanya.


1. Sering Kritik Diri Sendiri

Para peneliti di Cornell University pada 1999 silam menyebut orang dengan IQ tinggi bisa menilai dirinya sendiri.

Peneliti menilai orang cerdas cenderung meremehkan kemampuan mereka. Pasalnya mereka sadar dengan banyaknya ilmu pengetahuan di luar sana. Tak heran orang cerdas sering mengkritik dirinya sendiri.

2. Berantakan

Profesor Cornell Robert J. Sternberg menyebut kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan situasi baru hingga mampu memahami konsep abstrak dan menggunakan pengetahuan untuk mengerti lingkungan sekitarnya.

Berdasarkan eksperimen dari University of Minnesota, orang-orang yang hidup di lingkungan berantakan bisa menghasilkan banyak ide kreatif dibandingkan mereka yang hidup rapi.

3. Berbicara Sendiri

Uniknya, orang dengan IQ tinggi sering berbicara sendiri baik di dalam hati maupun dalam bentuk tulisan.

Kebiasaan tersebut juga bisa meningkatkan daya ingat dan memperkuat ketajaman pola pikir lo.

4. Begadang

Orang cerdas cenderung mempunyai jam tidur yang lebih sedikit. Mereka lebih sering menggunakan waktu istirahatnya dengan kegiatan yang lebih produktif. Belum lagi malam hari membuat mereka bisa berpikir lebih kreatif.

5. Suka Hal Menantang

Orang dengan IQ tinggi cenderung memiliki sifat tidak cepat puas dengan pencapaiannya. Tak heran mereka sering menantang diri sendiri untuk melakukan hal yang lebih ekstrem.

6. Me Time

Orang yang punya kecerdasan di atas rata-rata suka menghabiskan waktunya seorang diri atau me time. Mereka cenderung tidak suka kerumunan dan keramaian.

Hal itu diungkapkan oleh peneliti Norman Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science.

(agn/fik)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER