Doa agar Mudah Rezeki dan Lancar Segala Urusan

Nabila Sahma | Insertlive
Senin, 09 Jan 2023 13:48 WIB
Mosques dome on dusk sunset sky and crescent moon symbol religion of Islamic free space text with Ramadan month, Eid Al Adha, Eid Ul Fitr, Muharram
Jakarta, Insertlive -

Doa mudah rezeki dapat memberikan kemudahan kepada yang mengamalkannya dalam mendapatkan rezeki yang halal dan berkah.

Membaca doa mudah rezeki juga dapat memberikan kemudahan kepada kita untuk mendapatkan rahmat Allah Swt. atas rezeki sehat walafiat, rezeki kemudahan urusan, dan lain sebagainya.

Simak penjelasan lengkap tentang doa agar mudah rezeki pada pembahasan berikutnya, ya.


Surat Apa Supaya Rezeki Lancar?

Ada sebuah surat dalam Al Quran yang apabila kita baca akan menjadi doa mudah rezeki.

Surat Al Waqiah adalah salah satu surat yang ketika dibaca akan menjadi doa mudah rezeki. Membaca surat Al Waqiah di setiap pagi merupakan sebuah doa mudah rezeki,

Surat Al Waqiah sebagai doa mudah rezeki telah disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Asakir. Beliau berkata "Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah setiap malam, niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya".

Doa Mudah Rezeki

Mengamalkan doa mudah rezeki merupakan salah satu ajaran Nabi Muhammad saw. yang dapat kita kerjakan sebagai sunnahnya.

Lafal doa mudah rezeki adalah "Allahumma 'aalimal ghoybi wasy syahaadah faathiros samaawaati wal ardh. Robba kulli syai-in wa maliikah. Asyhadu alla ilaha illa anta. A'udzu bika min syarri nafsii wa min syarrisy syaythooni wa syirkihi, wa an aqtarifa 'alaa nafsii suu-an aw ajurrohu ilaa muslim".

Berikut ini adalah bacaan doa mudah rezeki lengkap dengan tulisan Arab, bacaan Latin, dan artinya.

اَللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا أَوْ أَجُرَّهُ إِلَى مُسْلِمٍ

Arab-Latin: Allahumma 'aalimal ghoybi wasy syahaadah faathiros samaawaati wal ardh. Robba kulli syai-in wa maliikah. Asyhadu alla ilaha illa anta. A'udzu bika min syarri nafsii wa min syarrisy syaythooni wa syirkihi, wa an aqtarifa 'alaa nafsii suu-an aw ajurrohu ilaa muslim.

Artinya: "Ya Allah, Yang Maha Mengetahui yang gaib dan yang nyata, wahai Rabb pencipta langit dan bumi, Rabb segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, setan dan bala tentaranya (godaan untuk berbuat syirik pada Allah), dan aku (berlindung kepada-Mu) dari berbuat kejelekan terhadap diriku atau menyeretnya kepada seorang Muslim." (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud, Shahih At Tirmidzi).

Mengutip dari detikcom, berikut ini adalah beberapa doa mudah rezeki lengkap dengan tulisan Arab, bacaan Latin, dan artinya.

1. Doa mudah rezeki sebelum beraktivitas

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Arab-Latin: Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: "Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali," (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

2. Doa mudah rezeki di pagi hari

اللَّهُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ وَمَلَائِكَتَكَ وَجَمِيعَ خَلْقِكَ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُولُكَ

Bacaan latin: Allahumma inni ashbahtu usyhiduka wa usyhidu hamalata 'arsyika wa malaikatihi wa jami'a kholqika annaka antallahu la ilaha illa anta wa anna Muhammadan 'abduka wa rasulika.

Artinya: "Ya Allah, aku berada di waktu pagi bersaksi atas-Mu, dan kepada para pembawa Arsy-Mu, kepada semua malaikat, dan kepada semua makhluk-Mu, bahwa Engkau adalah Allah yang tidak ada Tuhan selain Engkau, dan Muhammad adalah hamba dan Rasul-Mu," (HR. Abu Daud).

3. Doa mudah rezeki dan ilmu

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Bacaan latin: Allahumma inni as-aluka rizqan thayyiban wa 'ilman naafi'an wa 'amalan mutaqabbalan

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu rezeki yang baik, ilmu yang bermanfaat, dan amal yang diterima," (HR. Al Mustaghfiri).

4. Doa mudah rezeki diberikan pertolongan

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Arab-Latin: Ya hayyu ya qayyumu birahmatika astaghitsu, ashlih li sya'ni kullahu wala takilni ila nafsi tharfata 'ainin abadan.

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya." (HR Tirmidzi).

5. Doa mudah rezeki dimudahkan segala urusan dunia dan akhirat

اللهم الطف بي في تيسير كل عسير، فإن تيسير كل عسير عليك يسير، وأسألك اليسر والمعافاة في الدنيا والآخرة

Arab-Latin: Allaahummalthuf bii fii taisiiri kulli 'asiirin, fa inna taisiira kulli 'asiirin 'alaika yasiir, as 'alukal yusra wal mu'aafaata fid dun-yaa wal aakhirati.

Artinya: "Ya Allah, berilah taufik, kebajikan, atau kelembutan kepadaku dalam hal kemudahan pada setiap kesulitan, karena sesungguhnya kemudahan pada setiap yang sulit adalah mudah bagi-Mu, dan aku mohon kemudahan serta perlindungan di dunia dan di akhirat," (HR Thabrani).

Ilustrasi karyawan stres karena pekerjaan.Ilustrasi karyawan stres karena pekerjaan./ Foto: Shutterstock

Zikir yang Cepat Mendatangkan Rezeki

Mengucapkan lafadz dzikir juga menjadi salah satu doa mudah rezeki yang dapat mendatangkan rezeki dengan cepat.

Ada sebuah bacaan dzikir khusus yang merupakan doa mudah rezeki. Berikut ini adalah bacaan dzikir yang merupakan doa mudah rezeki.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ

Arab-Latin: Subhaanaallaahi wabihamdih.

Artinya:"Maha Suci Allah sambil memuji-Nya"

Berdzikir mengucapkan "Subhaanaallaahi wabihamdih" sebanyak 100 kali dapat menjadi doa mudah rezeki.

Selain itu, kita juga bisa membaca doa-doa mudah rezeki beberapa kali sebagai dzikir. Berdzikir dan membaca doa mudah rezeki bisa kita lakukan dalam sehari-hari dalam waktu luang maupun ketika sedang bekerja.

Demikian doa-doa mudah rezeki rangkuman InsertLive, semoga tulisan berisikan doa mudah rezeki ini bermanfaat.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER