3 Gejala Tinggi Kolesterol di Mata yang Wajib Diketahui

Nabila Sahma | Insertlive
Rabu, 07 Dec 2022 19:45 WIB
ilustrasi kecantikan bulu mata
Jakarta, Insertlive -

Ada beberapa gejala kolesterol tinggi yang dapat dilihat dari mata. Masalah kesehatan mata juga dapat mengindikasikan sebuah gejala kolesterol tinggi. Umumnya, kolesterol tinggi disebabkan oleh darah yang tersumbat lemak sehingga peredaran darah terhambat.

Gejala kolesterol tinggi dapat menyebabkan penglihatan menjadi tidak normal. Bukan hanya cara kerja mata yang menjadi tidak maksimal, tampilan mata juga berubah. Gejala kolesterol tinggi membuat kulit di area mata menjadi terlihat tidak sehat.

3 Gejala Kolesterol Tinggi di Mata

Berikut adalah 3 gejala kolesterol tinggi di mata yang harus kita ketahui agar dapat waspada.


1. Muncul plak kekuningan pada mata

Salah satu gejala kolesterol tinggi yang muncul di mata ditandai dengan plak kekuningan pada area pangkal mata dekat hidung. Plak kekuningan ini disebut dengan xanthelasma.

Menurut Medical News Today munculnya xanthelasma disebabkan oleh adanya penumpukan kolesterol di bawah kulit mata yang akhirnya mengakibatkan benjolan atau lesi lunak kekuningan.

Namun, munculnya xanthelasma bukan hanya sebagai pertanda gejala kolesterol tinggi. Xanthelasma juga bisa muncul jika seseorang menderita penyakit jantung, kegemukan, pankreatitis, dan peminum serta perokok berat.

2. Mengalami arcus senilis

Gejala kolesterol tinggi selanjutnya adalah munculnya lingkaran putih keabu-abuan berbentuk cincin yang disebut arcus senilis. Arcus senilis juga dikenal dengan arkus kornea.

3. Muncul plak yang menyumbat pembuluh darah di mata

Gejala kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan munculnya plak hollenhorst, yaitu plak yang menyumbat pembuluh darah hingga mengganggu penglihatan.

Gejala kolesterol tinggi yang satu ini harus diwaspadai karena dapat menyebabkan oklusi arteri retina cabang dan menyebabkan munculnya masalah penglihatan yang lebih parah. Jika terus dibiarkan, penderitanya bisa kehilangan penglihatan.

Ilustrasi mata priaIlustrasi mata pria/ Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

9 Gejala Kolesterol Tinggi yang Jarang Diketahui

Selain ketiga gejala kolesterol tinggi di atas, ada beberapa gejala kolesterol tinggi lainnya yang jarang kita ketahui.

Gejala kolesterol tinggi tidak hanya dapat muncul di mata. Gejala kolesterol tinggi juga dapat terlihat dari anggota tubuh yang lain, misalnya kaki.

Tidak hanya pada kesehatan fisik, gejala kolesterol tinggi juga dapat terjadi pada kesehatan mental seperti mudah lelah dan mengantuk.

Mengutip dari CNBC Indonesia, berikut ada 9 Kolesterol tinggi yang jarang diketahui.

  1. Sakit pada rahang, disebabkan oleh suplai darah ke jantung yang tersumbat. Gejala kolesterol tinggi yang satu ini juga dapat menjadi indikasi adanya serangan jantung.
  2. Mudah lelah, disebabkan oleh kadar oksigen yang tidak cukup karena organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme yang keras padahal jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah sehingga mengakibatkan tidak memperoleh aliran darah.
  3. Nyeri dada, disebabkan oleh penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri. Gejala kolesterol tinggi yang satu ini juga dapat menjadi indikasi adanya serangan jantung.
  4. Kaki mudah kram, penderita kolesterol tinggi akan mudah merasakan kram pada otot kaki yang biasanya terjadi di area tumit dan telapak kaki.
  5. Kaki mudah kesemutan, biasanya muncul di malam hari yang diakibatkan oleh sulitnya peredaran darah dari jantung ke area kaki. Kaki penderita kolesterol juga akan sering seperti mati rasa. Hal ini bisa dirasakan bahkan saat tidak melakukan aktivitas apa pun.
  6. Mudah mengantuk, disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen ke otak. Jika kamu sering mengantuk dengan frekuensi yang terlalu sering, sebaiknya waspada karena bisa jadi kamu sedang mengalami gejala kolesterol tinggi.
  7. Mudah pegal di area pundak, disebabkan oleh suplai oksigen dan darah ke area pundak dan tengkuk. Bila gejala kolesterol tinggi yang satu ini terjadi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis ke dokter.
  8. Sakit kepala, disebabkan oleh pengerasan pembuluh darah yang menyebabkan terhambatnya aliran darah ke otak. Pengerasan pembuluh darah yang terjadi disebut dengan aterosklerosis.
  9. Area penciuman sensitif sehingga sering mencium bau aneh, gejala kolesterol tinggi ini dinamakan odor perception yang baunya terdiri dari bau tidak sedap, bau terbakar, dan bau busuk.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang gejala kolesterol tinggi yang muncul di mata. Bukan hanya di mata, gejala kolesterol tinggi juga bisa terlihat di area tubuh lain seperti kaki, pundak, dan hidung.

Kita dapat terhindar dari penyakit kolesterol dengan melakukan beberapa hal diantaranya adalah perbanyak makan buah-buahan dan sayur, kurangi makan makanan berminyak seperti gorengan, berolahraga secara teratur, dan istirahat secara teratur.

Kita perlu menjaga pola hidup agar tetap sehat, perbanyak gerak walau hanya 30 menit per hari agar terhindar dari penyakit kolesterol. Selain menjaga pola hidup sehat, kita juga harus pintar memilah-milah makanan, apalagi makanan dengan minyak berlebih. Hindari makan makanan yang tidak sehat bagi tubuh.

Yuk, kenali gejala kolesterol agar tidak terkena penyakit yang semakin mengganggu kesehatan tubuh. Jika dirasa telah muncul gejala kolesterol tinggi dalam tubuh yang mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Semoga tulisan ini bermanfaat!

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER