Tips Menyimpan Keju Mozzarella yang Baik agar Tak Cepat Mengeras

Dini Astari | Insertlive
Jumat, 18 Nov 2022 19:15 WIB
Buffalo mozzarella
Jakarta, Insertlive -

Keju mozzarella menjadi salah satu varian keju yang paling digemari akhir-akhir ini. Jenis keju yang meleleh saat dipanaskan ini kerap ditemui di berbagai jenis makanan, baik makanan berat atau ringan.

Sebagai jenis makanan yang sering digunakan, mozzarella ternyata perlu disimpan secara khusus saat sudah dibuka dari kemasannya.

Salah satu cara yang baik untuk menyimpan keju mozzarella agar tetap bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lama setelah dibuka adalah dengan menyimpannya dalam kulkas.


Chef Dicky selaku technical chief Emina Cheese mengatakan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas dengan suhu di atas 5 derajat harus disimpan dalam wadah kedap udara.

"Kalau sudah dibuka pasti akan teroksidasi. Lebih baiknya disimpan dalam wadah kedap udara dan ditaruh di kulkas," ungkap Chef Dicky ditemui di kawasan Jakarta Barat, Rabu (16/11).

Selain di kulkas, mozzarella juga bisa disimpan di ruangan, asal dengan suhu tak lebih dari 19 derajat atau lembap.

"Kalau mau disimpan di ruangan juga bisa, tapi jangan di ruangan yang suhunya lembap," terangnya.

Chef Dicky dalam peluncuran produk Emina Mozza CheeseChef Dicky dalam peluncuran produk Emina Mozza Cheese/ Foto: Dini Astari

Untuk menjawab kebutuhan mozzarella yang tak cepat basi, Emina Cheese mengeluarkan produk Emina Mozza Cheese. Produk ini disebut bisa tahan 30 hari jika disimpan dalam kulkas setelah dibuka.

"Keju Emina itu bisa 30 hari. Kalau lebih dari 30 hari itu dia warnanya bisa berubah," ungkap Chef Dicky.

Selain soal masa konsumsi mozzarella yang lebih lama, produk ini juga diklaim tak gampang mengeras setelah dipanaskan. Hal ini lantaran Emina Mozza Cheese mengandung cheddar dan mozzarella.

"Emina Mozza ini bukan natural mozzarella. Keunggulannya dia kalau dipanaskan dan ditaruh di suhu ruang, dia tidak mengeras, tetapi tetap lembut," jelasnya.

"Kalau natural mozzarella pasti mengaret dan keras, kalau Emina Mozza akan tetap soft, tapi soft-nya berkurang dari saat masih panas," tutupnya.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER