Menguak Fakta Istana Balmoral, Tempat Ratu Elizabeth II Embuskan Napas Terakhir

ARM | Insertlive
Selasa, 13 Sep 2022 09:30 WIB
3 Fakta Istana Balmoral, Tempat Ratu Elizabeth II Tutup Usia
Jakarta, Insertlive -

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9) lalu di Istana Balmoral yang terletak di Skotlandia.

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa Istana Balmoral merupakan tempat yang spesial bagi Ratu Elizabeth II.

Istana Balmoral ini berlokasi di tepi kanan Sungai Dee, Aberdeenshire, Skotlandia, di ketinggian 282 meter di atas permukaan laut.


Tempat itu menjadi spesial karena banyak menyimpan kenangan-kenangan manis Ratu Elizabeth II dengan suami dan keluarganya.

Istana Balmoral yang memiliki total luas 50 ribu hektar ini bukan bagian dari Crown estate alias milik pribadi sang ratu.

Mengutip laporan BBC, Ratu Elizabeth II biasanya menghabiskan waktu dengan Pangeran Philip dan anak-anaknya.

Ratu Elizabeth II kerap menyinggahi Istana Balmoral kala liburan musim panas. Di istana itu, Ratu Elizabeth II mengunjungi kakek-neneknya Raja George V dan Ratu Mary, hingga bulan-bulan terakhir masa hidupnya.

Di Istana Balmoral, Ratu Elizabeth II kerap menggelar pesta kebun hingga menonton acara Braemar Highland Games di dekat istana bersama anggota keluarga kerajaan lain.

Istana Balmoral juga merupakan saksi cinta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip karena menjadi lokasi pertunangan mereka pada 1946.

3 Fakta Istana Balmoral, Tempat Ratu Elizabeth II Tutup UsiaIstana Balmoral, Tempat Ratu Elizabeth II Tutup Usia/ Foto: Getty Images/Orietta Gaspari

Selama masa lockdown akibat pandemi COVID-19, Ratu ELizabeth II dan Pangeran Philip juga menghabiskan waktu di sana.

Selama bulan April hingga Juni, Istana Balmoral dibuka untuk para pengunjung. Namun, pada bulan Juli, istana akan ditutup karena Ratu Elizabeth II dan keluarga akan beristirahat sampai Oktober sebelum kembali ke Istana Buckingham.

Istana Balmoral yang bergaya baronial Skotlandia ini memiliki 11 kamar tidur. Istana ini awalnya dibeli Pangeran Albert, suami Ratu Victoria pada 1852.

Bangunan ini kemudian dihancurkan dan dibangun ulang menjadi Istana Balmoral yang rampung pada tahun 1856.

(arm/arm)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER