Beda Body Serum & Body Lotion, Apa Manfaatnya?

Nabila Sahma | Insertlive
Rabu, 14 Sep 2022 13:15 WIB
The girl in the bathroom puts anti-cellulite cream, serum on the legs and body. Body care concept.
Jakarta, Insertlive -

Body serum dan body lotion memiliki manfaat menjaga kelembutan dan kelembaban kulit.

Perawatan secara mandiri untuk menciptakan kulit yang sehat bisa dilakukan dengan menggunakan body serum maupun body lotion.

Meski secara umum memiliki fungsi yang sama, body serum dan body lotion memiliki beberapa perbedaan.


Berikut perbedaan antara body serum dan body lotion agar tidak tertukar.

Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

Body serum dan body lotion merupakan salah satu perawatan kulit yang memiliki fungsi utama yang sama yaitu untuk membuat kulit menjadi lebih sehat. Namun kedua produk ini merupakan produk yang berbeda, lo.

Body serum merupakan produk yang mengandung bahan aktif berbasis air yang mudah diserap kulit dan molekul yang terkandung di dalamnya mendorong pembentukan skin barrier pada kulit.

Sedangkan body lotion adalah produk dengan bahan dasar minyak sehingga memiliki tekstur kenyal dan dapat menciptakan lapisan pelindung di permukaan kulit dengan menjaga kelembaban pada kulit.

Berikut beberapa perbedaan antara body lotion dan body serum:

1. Kandungan body serum dan body lotion

Perbedaan body serum dan body lotion terletak pada kandungan formula di dalamnya. Kandungan body lotion terdiri dari formula ringan berbahan dasar air yang ringan. Sementara body serum memiliki kandungan yang lebih banyak seperti antioksidan, lactic acid, glycolic acid, dan vitamin.

2. Fungsi body Serum dan body Lotion

Meski sama-sama dapat merawat kecantikan kulit, body serum memiliki fungsi lain yang berbeda dengan body lotion. Body lotion memiliki fungsi utama untuk membuat kulit lebih lembab dengan menghidrasi kulit. Sedangkan body serum, selain untuk melembabkan kulit juga untuk mengatasi masalah pada kulit seperti noda hitam dan sebagainya.

Woman, Skin care, Cream, Bedroom. Woman taking care of her legs at home.  Shallow DOF. Developed from RAW; retouched with special care and attention; Small amount of grain added for best final impression. 16 bit Adobe RGB color profile.Woman, Skin care, Cream, Bedroom. Woman taking care of her legs at home. Shallow DOF. Developed from RAW; retouched with special care and attention; Small amount of grain added for best final impression. 16 bit Adobe RGB color profile./ Foto: Getty Images/milanvirijevic

3. Penggunaan body serum dan body lotion

Karena kandungannya yang ringan, body lotion dapat digunakan kapan saja untuk semua jenis kulit. Sementara body serum, dapat digunakan sesuai kebutuhan seperti untuk mengatasi kulit sensitif kemerahan dan noda hitam pada kulit.

4. Tekstur body serum dan body lotion

Tekstur dari kedua lotion ini berbeda. Meski memiliki kandungan yang banyak, body serum memiliki tekstur yang sangat cair jika dibandingkan dengan body lotion sehingga lebih mudah terserap. Sementara body lotion, teksturnya akan lebih lengket sehingga memerlukan beberapa waktu untuk terserap ke dalam kulit.

Manfaat Body Serum dan Body Lotion Untuk Kulit

Body serum dan body lotion merupakan dua produk yang sangat penting untuk merawat kulit kita di rumah. Setelah menggunakan rangkaian produk perawatan kulit ini secara teratur, kulit kamu akan terlihat lebih indah dan sehat.

Body serum memiliki beberapa manfaat berikut untuk kulit:

  1. Mengatasi masalah kulit
  2. Melindungi kulit dari perubahan kondisi udara
  3. Melindungi kulit dari sinar matahari
  4. Meregenerasi kulit
  5. Mencegah penuaan dini
  6. Melembutkan kulit
  7. Mengatasi masalah kulit
  8. Mempertahankan warna kulit

Penggunaan body lotion untuk kulit memiliki beberapa manfaat berikut:

  1. Melembabkan kulit
  2. Menghaluskan kulit
  3. Mencerahkan kulit
  4. Menjaga elastisitas kulit
body lotion artisbody lotion artis/ Foto: Dok. Instagram Brand

Lebih Dulu Pakai Body Serum Atau Body Lotion?

Body serum dan body lotion merupakan rangkaian perawatan kulit yang apabila digunakan secara baik dan benar akan membuat kulit kamu menjadi sehat, bersinar, dan cantik. Namun mungkin masih banyak yang kebingungan nih jika ingin menggunakan kedua rangkaian ini, produk yang mana dulu yang harus kita aplikasikan ke kulit ya?

Jawabannya adalah body serum! Kamu bisa gunakan body serum terlebih dahulu sebelum menggunakan body lotion. Berbagai formula body serum yang dapat menutrisi kulit harus meresap dengan sempurna ke pori-pori kulit terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan body lotion ke kulit kamu.

Ketika pemakaian produk ini dilakukan dengan baik dan benar, kamu akan mendapatkan manfaat dari kedua produk ini. Dan pastinya, kamu harus menggunakan body serum sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Gunakan body serum dengan klaim yang dapat mengatasi masalah yang terjadi pada kulitmu. Lalu untuk body lotion, kamu dapat gunakan dimanapun dan kapanpun ketika kulitmu membutuhkan kelembaban.

Apakah Body Serum Bisa Memutihkan?

Body serum yang berfungsi menjadi filter pada sinar UV bisa mencerahkan kulit kamu. Bukan memutihkan, tetapi akan mencerahkan kulit kamu yang sedang mengalami masalah kusam dan gelap. Kandungan dalam body serum mampu menutrisi kulit yang kusam sehingga dapat membuat warna kulit kamu menjadi lebih cerah.

Untuk mendapatkan warna kulit yang lebih cerah, kamu harus melihat kandungan dari body serum yang ingin kamu gunakan terlebih dahulu. Pastikan body serum yang kamu beli memiliki kandungan vitamin C untuk membuat warna kulit lebih merata dan lebih cerah. Vitamin C akan membantu mengatasi masalah kulit rusak, kusam, dan gelap.

Berikut beberapa rekomendasi body serum yang memiliki kandungan Vitamin C dengan klaim dapat mencerahkan kulit

  1. Vaseline Healthy Bright Vitamin Body Serum Firm Glow
  2. Nivea Extra White Care and Protect Serum
  3. Nivea Extra White Radiant & Smooth Serum
  4. Garnier White Complete White Body Serum
  5. Garnier Sakura White Pinkish Radiance Serum Milk UV
  6. Azarine C White Lightening Tone Up Body Serum
  7. Natur-E White Brightening Hand & Body Serum
(dis/syf)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER