10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Nabila Sahma | Insertlive
Sabtu, 10 Sep 2022 21:00 WIB
Natural fresh ripe lime or in indonesia called jeruk nipis
Jakarta, Insertlive -

Manfaat jeruk nipis sangat banyak, lo. Selain untuk kesehatan, ternyata jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan. Tak jarang kita temukan produk kecantikan yang mengandung vitamin C di mana paling banyak ditemukan dalam jeruk nipis.

Senyawa dalam jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit kita.

Selain vitamin C, jeruk nipis juga mengandung vitamin A, zat besi, serat, gula, dan folat.


Sudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran MewahJeruk Nipis/ Foto: istock

Berikut ada 10 manfaat jeruk nipis yang bagus untuk kecantikan.

10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Manfaat jeruk nipis salah satunya adalah untuk kecantikan. Berikut ada beberapa manfaat jeruk nipis yang dapat kita gunakan untuk kecantikan kita.

1. Merawat rambut

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk membuat rambut lebih halus dan indah. Selain itu, asam sitrat yang ada dalam perasan jeruk nipis efektif dalam mengatasi ketombe.

2. Melembapkan kulit wajah

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu melembapkan wajah. Manfaat jeruk nipis sebagai pelembap wajah dapat kita ketahui dengan menjadikan jeruk nipis sebagai masker. Pengaplikasian jeruk nipis sebagai masker ini dapat dilakukan setiap seminggu sekali. Kulit kering kamu dapat teratasi dengan masker jeruk nipis ini.

3. Menyamarkan noda hitam

Manfaat jeruk nipis untuk menyamarkan noda hitam disebabkan oleh adanya kandungan asam dalam jeruk. Perasan jeruk nipis dapat mencerahkan bintik hitam pada wajah. Kamu bisa mengaplikasikan perasan jeruk nipis menggunakan kapas wajah ke area bintik hitam di wajahmu.

Ilustrasi flek hitam atau jerawat pada wajahIlustrasi flek hitam atau jerawat pada wajah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

4. Mengangkat sel kulit mati

Pengaplikasian air jeruk nipis pada wajah dapat membuat proses pengelupasan kulit mati menjadi lebih cepat. Asam sitrat yang terkandung membuat jeruk nipis mampu mengelupas sel kulit mati. Manfaat jeruk nipis ini bisa diandalkan ketika kamu merasa wajahmu mulai kusam.

5. Mencegah dan menghilangkan jerawat

Perasan jeruk nipis ternyata memiliki manfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat, lo. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan zat antibakteri sehingga dapat membuat wajah terbebas dari jerawat.

Lalu kandungan asam pada air jeruk nipis juga dapat mengontrol minyak berlebih yang merupakan faktor utama timbulnya jerawat. Manfaat jeruk nipis untuk mencegah timbulnya jerawat dapat terlihat setelah kamu mencampur jeruk nipis dan madu lalu diaplikasikan pada wajah. Kombinasi dari kedua senyawa tersebut dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit.

6. Mengencangkan pori-pori

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah untuk mengencangkan pori-pori. Jeruk nipis memiliki senyawa astringent di dalamnya, sehingga efektif untuk membuat otot kulit menjadi lebih kencang. Astringent sendiri memiliki sifat yang dapat mengencangkan kulit dan juga mengurangi produksi minyak pada kulit.

7. Memperbaiki struktur kulit

Struktur kulit kamu yang rusak dapat diperbaiki dengan jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis yang satu ini berasal dari antioksidan yang menjadi salah satu kandungan dari jeruk nipis. Cairan jeruk nipis dapat meremajakan kulit dan melindungi kulit kamu dari risiko infeksi.

8. Mempercantik kuku

Kamu bisa mempercantik kuku dengan menggunakan cairan jeruk nipis. Coba usap kuku kamu dengan menggunakan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan minyak zaitun. Diamkan beberapa menit lalu bilas. Setelah itu kamu akan melihat kuku kamu menjadi lebih mengkilap.

9. Memutihkan gigi

Ternyata salah satu manfaat jeruk nipis adalah untuk membuat gigi kita lebih putih dan bersih, lo. Sifat masam yang ada pada jeruk nipis mampu menghilangkan noda kekuningan pada gigi. Campuran perasan jeruk nipis dengan baking soda dapat membuat gigi kamu terlihat lebih putih.

10. Melembapkan bibir

Aplikasikan sedikit cairan jeruk nipis sebelum tidur. Di pagi hari usap pelan bibir kamu, maka sel kulit mati yang ada di bibir kamu bisa terkelupas. Hati-hati dalam mengaplikasikan jeruk nipis ke bibir ini, ya, karena jika bibir kamu sensitif, bibir kamu bisa terkelupas dan luka.

Cara Mengonsumsi Jeruk Nipis yang Benar

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan wajah bisa kamu dapatkan dengan cara konsumsi yang benar. Jeruk nipis adalah sumber alami untuk meningkatkan antioksidan pada kulit yang berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C dapat melindungi kulit dari penuaan dini.

Lalu jeruk nipis yang termasuk buah masam memiliki kandungan astringent yang dapat membuat tekstur kulit lebih halus dan mengontrol minyak berlebih. Kandungan antiseptik pada jeruk nipis dapat membantu mengeksfoliasi sel kulit mati pada wajah agar terhindar dari breakout.

Berikut ada beberapa cara mengonsumsi jeruk nipis agar kamu bisa merasakan manfaat jeruk nipis untuk membuat kulit kamu menjadi cantik.

1. Campurkan dengan air

Agar jerawat hilang, kamu bisa lakukan hal ini untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis. Campurkan dua buah jeruk nipis dengan tiga gelas air. Lalu aplikasikan pada jerawat dengan menggunakan cotton bud. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan menggunakan air dingin.

2. Campurkan dengan air kelapa

Untuk membuat wajah kamu glowing, kamu dapat mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air kelapa. Aplikasikan campuran ini ke wajah selama 15 menit dan bilas. Setelah itu kamu akan merasakan kulit kamu lebih bersih dan lembap. Tips ini direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

3. Jadikan masker wajah

Citric acids pada lemon dapat mengurangi dark spots dan meningkatkan pigmen kulit sehingga dapat mencerahkan wajah. Kamu bisa dapatkan manfaat jeruk nipis ini dengan membuat masker jeruk nipis.

Campur satu sendok makan cairan jeruk nipis, tiga sendok makan pepaya yang sudah dihaluskan, dan satu sendok makan madu. Lalu aplikasikan ke wajah sampai leher kamu sebagai masker dan diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dan bersihkan dengan menggunakan air dingin.

Kamu juga dapat membuat masker wajah dengan mencampurkan satu sendok makan perasan lemon dengan satu sendok makan pisang yang telah dihaluskan. Masker ini dapat membantu kamu untuk mengeksfoliasi wajah.

4. Sebagai sampo atau masker rambut

Kamu bisa gunakan manfaat jeruk nipis sebagai sampo untuk membuat rambut dan kulit kepala kamu lebih terawat. Untuk menghilangkan ketombe, campur jeruk nipis dan air lalu pijat-pijat kepala kamu sebelum dibilas.

Lalu kamu juga bisa melembapkan kulit kepalamu dengan campuran perasan jeruk nipis, minyak kelapa atau minyak zaitun sebagai masker rambut.

Efek Jeruk Nipis untuk Wajah

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dapat memberikan efek yang terlihat pada wajahmu. Wajahmu bisa terlihat lebih sehat, bersih, dan cantik jika sudah mendapatkan efek jeruk nipis ini. Berikut ada 4 efek manfaat jeruk nipis setelah kamu aplikasikan sebagai perawatan wajah kamu di rumah.

1. Wajah menjadi lebih cerah.

Alpha Hydroxy Acids (AHA) pada jeruk nipis dapat menghilangkan sel kulit mati pada wajah, sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah.

2. Menjadi awet muda.

Manfaat jeruk nipis yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan noda hitam pada wajah dapat membuat kamu terlihat awet muda.

3. Wajah menjadi glowing.

Senyawa pada jeruk nipis mampu menghilangkan jerawat, mengencangkan pori-pori, dan melembabkan kulit, maka wajah kita dapat menjadi glowing setelah mendapatkan ketiga manfaat tersebut.

4. Mengontrol minyak pada wajah.

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan antibakteri sehingga minyak pada wajah yang berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat dapat terkontrol dengan baik.

Nah, itu dia rangkuman dari InsertLive tentang manfaat jeruk nipis untuk kecantikan. Ada beberapa tips cara pengaplikasian jeruk nipis agar kamu bisa mendapat manfaat jeruk nipis untuk kecantikanmu. Selain untuk kecantikan, jeruk nipis memiliki segudang manfaat lainnya. Pantengin terus InsertLive untuk dapat informasi lengkap lainnya, ya.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER