Makna di Balik Mangkuk Ayam Jago yang Jadi Ikon Doodle Google Hari Ini

Dini Astari | Insertlive
Senin, 12 Sep 2022 15:32 WIB
Mangkuk Ayam Jago
Jakarta, Insertlive -

Ada yang unik di halaman utama Google hari ini, Senin (12/9). Hal itu tak lain karena muncul animasi mangkuk ayam jago sebagai Google Doodle.

Rupanya, Google tengah merayakan Mangkuk Ayam Lampang yang ikonik yang jatuh setiap tanggal 12 September.

"Cock-a-Doodle-Do! Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikonik, desain peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jantan berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang," tulis Google dalam laman resminya.


Mangkuk ayam jago adalah barang yang mudah ditemui di Asia, termasuk Indonesia. Mangkuk yang berasal dari China ini biasanya digunakan oleh pedagang bubur atau mie ayam.

Mangkuk Ayam JagoMangkuk Ayam Jago/ Foto: screenshot/detikINET

Meski terlihat biasa dan sederhana, gambar di mangkuk ayam jago sebenarnya memiliki arti tersendiri yang dalam maknanya.

Bunga yang tergambar melambangkan kesejahteraan dan status sosial yang tinggi. Daun pisang melambangkan nasib dan keberuntungan.

Lalu, ayam jago melambangkan makna kerja keras, semangat juang, dan keluarga sejahtera. Terkait alasan ayam jantan yang dipilih bukan ayam betina, hal ini menyangkut sikap patriarki masyarakat China pada saat itu yang menganggap laki-laki menjadi berkah di keluarga.

Dengan begitu, orang-orang akhirnya percaya bahwa jika mereka makan dari mangkuk ayam jago, maka akan ada harapan kemakmuran dalam keluarga mereka.

(dia/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER