Cewek Harus Tahu, Ini Jadwal Ganti Oli yang Ideal untuk Kendaraan

Nabila Sahma | Insertlive
Jumat, 19 Aug 2022 21:00 WIB
Ganti Oli Mobil

Kapan Harus Ganti Oli Mobil?

Ganti oli pada mobil juga perlu dilakukan secara rutin dan berkala. Jika ganti oli tidak dilakukan dengan baik akan berdampak pada performa mesin dan yang paling parah adalah bisa merusak mesin dalam mobil.

Ganti oli mobil bisa kamu lakukan dalam kurun waktu 6-12 bulan tergantung dengan seberapa sering kamu melakukan perjalanan menggunakan mobil.

Ganti oli juga bisa dilakukan dengan melihat jarak tempuh pada mobil. Semakin sering mobil digunakan, maka oli pada mesin akan terus bekerja dan kualitas oli harus selalu diperhatikan.


Ilustrasi mengganti oliIlustrasi mengganti oli/ Foto: Freepik.com

Waktu ideal untuk ganti oli pada mobil adalah ketika jarak tempuh mobil sudah mencapai 10.000 KM untuk pemakaian normal.

Namun, untuk mobil yang jarang digunakan, ganti oli dapat dilakukan setelah mencapai jarak tempuh 5.000 km.

Bagaimana Kalau Mobilnya Baru?

Ganti oli pada mobil yang baru saja kamu beli, wajib kamu lakukan pada jarak tempuh pertamanya sejauh 1.000 km.

Ciri-ciri oli mobil yang harus segera diganti memiliki kesamaan dengan oli yang harus segera diganti pada motor, yaitu warna oli yang menghitam dan menjadi lebih encer dan volume oli berkurang. Namun, ada ciri lain nih, dari oli mobil yang harus segera diganti. Di antaranya adalah:

  1. Peringatan harus ganti oli menyala


    Pada beberapa mobil akan memiliki peringatan ganti oli yang muncul pada speedometer. Jika tekanan oli dirasa sudah rendah, akan muncul sebuah peringatan pada mobil untuk segera melakukan ganti oli.

  2. Kartu ganti oli


    Saat melakukan ganti oli mobil, bengkel akan memberikan sebuah kartu ganti oli yang berisikan rentang jarak tempuh mobil untuk segera melakukan ganti oli. Rentang jarak tempuh tidak pasti dan biasanya disesuaikan kualitas oli yang dipilih.

  3. Mesin terasa kasar

    Kalau kamu sudah merasakan perbedaan saat mengendarai mobil, kamu harus segera melakukan ganti oli.

    Perubahannya biasanya terletak pada mesin mobil yang dirasa lebih kasar daripada biasanya. Mobil dengan kualitas oli yang masih bagus biasanya akan menghasilkan getaran mesin yang lebih mulus.

Ilustrasi mengganti oliIlustrasi mengganti oli/ Foto: Freepik.com

2 / 4
Loading
Loading
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER