Kenali Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

KHS | Insertlive
Rabu, 20 Jul 2022 12:50 WIB
Kolesterol
Jakarta, Insertlive -

Setiap tingkatan usia memiliki kadar kolesterol normal yang berbeda-beda.

Kadar kolesterol biasanya akan meningkat seiring pertambahan usia, terutama pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

Walaupun manusia membutuhkan kolesterol untuk pembentukan sel, tetapi jika kadar kolesterol melebihi angka normal akan meningkatkan risiko terjadinya aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah.


Kolesterol sendiri adalah lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Kolesterol dapat ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Terdapat dua jenis kolesterol, yakni high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dan low-density lipoprotein (LDL) atau disebut kolesterol jahat.

Seseorang dengan kadar kolesterol LDL dapat berisiko mengalami penyakit jantung. Namun, kadar kolesterol normal berbeda-beda sesuai dengan tingkatan usianya.

Mengutip MedicineNet, berikut kadar kolesterol sehat berdasarkan jenis kelamin dan usia yang diukur dalam miligram per desiliter (mg/dL).

Pada anak dan remaja berusia 19 tahun ke bawah, kolesterol total yang normal adalah kurang dari 170 mg/dL. Kadar LDL harus berada di bawah 100 mg/dL dan kadar HDL harus di atas 45 mg/dL.

Pada kategori wanita usia di atas 20 tahun, kolesterol normal berkisar antara 125 hingga 200 mg/dL. Kadar LDL wanita ini harus kurang dari 100 mg/dL dan HDL harus lebih dari 50 mg/dL.

(KHS/fik)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER