Review Drama Korea

Review 'Kiss Sixth Sense': Formula Romansa Usang yang Terasa Hambar

Dini Astari | Insertlive
Selasa, 19 Jul 2022 13:40 WIB
Kiss Sixth Sense
Jakarta, Insertlive -

Drama Kiss Sixth Sense merupakan drama yang tayang secara eksklusif di Disney+ Hotstar selama Mei hingga Juni.

Drama yang diangkat dari Webtoon berjudul sama ini bercerita tentang seorang wanita bernama Hong Ye Sul (Seo Ji Hye) yang bisa melihat masa depan ketika dia mencium seseorang.

Suatu hari, dia tidak sengaja mencium bosnya Cha Min Hoo (Yoon Kye Sang) dan melihat mereka di tempat tidur bersama di masa depan.


Hubungan Hong Ye Sul dan Cha Min Hoo di kantor tidaklah terlalu baik. Hong Ye Sul menganggap bosnya tersebut sebagai orang menyebalkan yang selalu mengkritik pekerjaannya.

Namun, sejak Hong Ye Sul jujur tentang penglihatannya di masa depan kepada Cha Min Hoo, keduanya lalu saling jatuh cinta.

Sementara itu, sosok Lee Pil Yo (Kim Ji Suk) adalah seorang sutradara terkenal mantan kekasih Hong Ye Sul. Ia baru kembali ke Korea untuk memperbaiki hubungannya dengan Hong Ye Sul.

Kiss Sixth SenseKiss Sixth Sense/ Foto: dok. Disney+ Hotstar

Usung Formula Usang yang Tak Ada Pengembangan

Cerita percintaan kantor seorang pegawai dari benci menjadi cinta pada bosnya, lalu mereka menjalin asmara merupakan formula umum yang kerap muncul dalam sebuah drama Korea bukan? Nah, Kiss Sixth Sense memilih formula cerita ini.

Sayangnya, drama dengan 12 episode ini gagal mengembangkan cerita usang nan mainstream itu jadi istimewa.

Untuk paruh awal hingga pertengahan, drama ini mungkin cukup membuat penasaran dengan nasib hubungan Ye Sul dan Min Hoo setelah keduanya tahu mereka akan menjalin hubungan di masa depan.

Namun setelah itu, rasa penasaran penonton perlahan memudar. Dari babak pertengahan hingga akhir, drama ini menjejalkan berbagai plot dengan paksa yang membuatnya alur cerita menjadi berantakan.

Unsur fantasi yang digadang-gadang menjadi keunikan drama ini juga tak menolong kemasan cerita menjadi lebih menarik. Kiss Sixth Sense justru terasa monoton dan membosankan.

Kiss Sixth SenseKiss Sixth Sense/ Foto: dok. Disney+ Hotstar

Chemistry 2 Karakter Utama yang Tak Istimewa

Salah satu hal yang disorot dalam drama ini adalah penggambaran Min Hoo versi Ye Sul yang disebut sebagai bos yang dingin, galak, dan selalu merepotkannya.

Nyatanya, karakter Min Hoo tak terlihat seperti itu dari awal episode. Dalam beberapa adegan awal, Min Hoo justru terlihat sudah tertarik dengan Ye Sul (yang akhirnya terkuak alasannya di akhir) dan peduli dengan wanita itu.

Penggambaran karakter yang tak konsisten ini pun membuat perubahan dari benci menjadi cinta yang terjadi dalam hubungan Min Hoo dan Ye Sul tak signifikan.

Selain itu, chemistry Min Hoo dan Ye Sul sebagai pasangan juga tidak spesial.

Meski tak ada yang bermasalah dengan akting Yoon Kye Sang atau Seo Ji Hye, saat mereka menjelma karakter masing-masing dan saling berhubungan dalam drama ini entah mengapa hampir semuanya terlihat canggung.

Kiss Sixth SenseKiss Sixth Sense/ Foto: dok. Disney+ Hotstar

Karakter Pendukung yang Tak Mendapat Cerita Maksimal

Tidak hanya keteteran mengembangkan elemen fantasi, Kiss Sixth Sense juga tak memberikan porsi penceritaan yang ideal untuk para karakter pendukungnya.

Misal Lee Pil Yo (Kim Ji Suk) mantan kekasih Ye Sul yang kembali ke Korea untuk melamar setelah tiga tahun putus. Pada akhirnya Lee Pil Yo akan terjebak dalam cinta segitiga bersama Ye Sul dan Min Hoo.

Namun sayangnya, cinta segitiga yang cukup potensial menjadi konflik menarik ternyata tidak dikembangkan lebih lanjut.

Karakter Ye Sul sepertinya sudah digariskan penulis untuk cinta mati pada Min Hoo, sehingga karakter lain tidak akan berpengaruh pada kisah asmaranya.

Pil Yo juga digambarkan kehabisan cara untuk mendekati Ye Sul hingga akhirnya memilih pasrah dan kembali ke Amerika. Hal inilah yang membuat kehadiran Pil Yo terasa sia-sia.

Lalu, hubungan karakter Oh Seung Taek (Tae In Ho) dan Ban Ho Woo (Kim Ga Eun) yang lumayan disorot di awal cerita juga berakhir dengan pembiaran.

Meski diselipkan beberapa adegan yang menunjukkan mereka akhirnya bersama, kisah pasangan ini tetap terasa diabaikan oleh penulis. Padahal, karakter keduanya menarik dan cukup memberikan warna serta komedi dalam drama.

Kiss Sixth SenseKiss Sixth Sense/ Foto: dok. Disney+ Hotstar


Akhir kata, drama Kiss Sixth Sense mungkin masih jauh untuk masuk dalam daftar drama terbaik di tahun ini.

Walau begitu, drama ini tetap bisa menjadi alternatif tontonan untuk kalian yang suka dengan cerita ringan dan romansa dewasa yang tak bikin pusing kepala.

(dia/fik)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER